image

Toyota Team Indonesia, Siapkan New Agya Sebagai Pengganti Etios Valco

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 20 October 2018

SPORTKU.COM

Sejak kemunculan New Agya di industri otomotif, Toyota Team Indonesia, langsung mendaulat model tersebut sebagai pengganti Etios Valco.

Di ajang Kejurnas Slalom musim ini, Toyota Team Indonesia, terpaksa menyuntik mati mobil andalannya, Etios Valco, yang telah menyabet banyak piala di ajang tersebut. Sebagai gantinya, tim asuhan Memet Djumhana ini, telah menyiapkan senjata barunya untuk kelas F atau modifikasi. Dimitri Fitra, Manager Operational Toyota Team Indonesia, membeberkan alasannya terpaksa memensiunkan Etios Valco dari ajang slalom.

"Karena kita juga ada New Agya 1.200 cc yang buat kelas modifikasi (FFA), jadi Etios Valco mau tidak mau, harus pensiun. Karena lagipula, model tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Di samping itu, memang ada permintaan dari Toyota Astra Motor untuk pakai mobil baru," buka Dimitri di sela-sela meet and greet pebalap Toyota Team Indonesia di Malang, Jawa Timur.

Selain melakukan pensiun terhadap Etios Valco, di awal musim ini, Toyota Team Indonesia juga turut melakukan penyegaran senjatanya di ajang ISSOM dalam Kejurnas ITCC 1.600 Max. Semula, mereka masih menggunakan New Yaris sebagai pacuannya, namun kini mereka mendayagunakan All New Yaris, sebagai senjata yang dipersiapkan untuk Haridarma Manoppi dan Alinka Hardianti.

Bicara persiapan yang terus dilakukan oleh Dimitri dan cs, ia mengaku memang belum seratus persen penuh bisa menyamai performa New Agya dengan Etios Valco. Tetapi, ia percaya bahwa dengan pengembangan yang juga dibantu oleh TRD Indonesia, Dimitri yakin bisa mencapai hasil maksimal hingga seri terakhir nanti di akhir tahun ini.

"Kalau bicara berapa persen, sekitar 75 persen hingga 80 persen. Kita belum banyak setting, jadi baru develop mobilnya, bikin mesin, nyiapin kaki-kaki, dan ECUnya. Semua upgrade, dari mesin, sampai dengan kaki-kaki upgrade semua. Cuma kita memang masih ada kalah di beberapa sektor, seperti zig-zag, atau di speed. Insya Allah masih aman hingga akhir musim, karena di kelas F masih di tempati oleh Adrianza Yunial di puncak klasemen, kemudian disusul oleh Anjasara Wahyu di posisi kedua," beber Dimitri.

Sebagai informasi tambahan, model Etios Valco ini sudah banyak mengantongi piala dari Kejuaraan Nasional Slalom. Selain itu, model tersebut juga berhasil menghantarkan Demas Agil sebagai Juara Nasional Kelas F 2017. Meskipun belum terbilang seratus persen pengembangan selesai, namun New Agya terbukti tangguh saat putaran keempat Kejurnas Slalom yang dilangsungkan di Cianjur, beberapa waktu lalu dengan menghantarkan Anjasara Wahyu sebagai juaranya.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 20 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company