image

Sinar Terang Zlatan Ibrahimovic di LA Galaxy

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : LA Galaxy Official | Editor: Andi Wahyudi | 20 October 2018

SPORTKU.COM

Dianggap sudah habis, grafik Zlatan Ibrahimovic justru menunjukan peningkatan ketika bermain di MLS bersama LA Galaxy.

Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain paling terakhir yang direkrut oleh Manchester United (MU) pada musim 2017/2018, tepatnya pada Agustus 2017, namun dirinya juga menjadi pemain paling pertama yang pergi meninggalkan klub ketika mendapatkan pinangan dari LA Galaxy pada April 2018.

Di musim terakhirnya Ibrahimovic berseragam MU, pemain berusia 37 tahun itu hanya bermain tujuh kali di mana ia hanya mendapatkan kesempatan dua kali sebagai starter, tanpa mencatatkan satupun gol ataupun assist.

Kondisi ini tentu jauh berbeda musim sebelumnya, tepatnya di musim 2016/2017 lalu, Ibrahimovic adalah pemain paling menonjol di MU dengan keluar sebagai top skor klub dengan raihan 28 gol dari 46 pertandingan. Ia turut berkontribusi bagi kesuksesan United meraih treble, yakni gelar Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa.

Sayang, Ibrahimovic mengakhiri musim tersebut dengan cedera. Hal yang membuat kontraknya yang berdurasi semusim itu tak diperpanjang di akhir musim—meski kemudian dirinya dikontrak kembali oleh MU di pertengahan musim berikutnya.

Cedera kambuhan yang menimpanya membuat pemain asal Swedia itu kerap gagal tampil lantaran kondisi fisiknya dan selebihnya hanya sebagai penghuni bangku cadangan—keadaan yang bagi seorang Ibrahimovic adalah sebuah aib—di musim keduanya bersama MU.

Dengan keadaan seperti ini, Ibrahimovic pun pada akhirnya memutuskan untuk berlabuh ke Amerika Serikat dengan bermain di Major League Soccer (MLS) bersama kesebelasan Los Angeles Galaxy (LA Galax).

MLS sendiri memiliki reputasi sebagai destinasi favorit bagi pemain yang memiliki label sebagai mantan pemain top Eropa untuk bisa menikmati saat-saat menjelang pensiun dengan tetap bermain secara kompetitif dan mendapatkan penghasilan yang tetap besar.

LA Galaxy menjadi tempat pelabuhan pemain yang mendapatkan julukan Ibracadabra tersebut sejatinya sudah merayu mantan pemain Paris Saint-Germain sejak kontraknya diputus oleh MU. Namun, Ibrahmovic baru datang saat kompetisi MLS dimulai pada musim 2018.

Baca juga
Lewis Hamilton Tuntaskan FP1 Austin

Ibrahimovic merasa terharu dengan keinginan besar LA Galaxy yang berminat mendatangkan dirinya dengan sungguh-sungguh. Bahkan harus menunggu beberapa bulan untuk bisa menggaetnya untuk bermain di MLS.

Tak heran, Ibrahimovic pun berjanji untuk memberikan prestasi bagi klub yang bermarkas di StubHub Center Carson itu.

"Saya siap bermain di sana. Saya hanya akan bermain sepak bola dan memberikan yang terbaik. Saya tak sabar untuk mencari tahu bagaimana sepak bola di sini dan menjadi bagian yang membuatnya lebih bagus," kata Ibrahimovic seperti dikutip dari Los Angeles Times.

"Setelah berada di Eropa dan memenangi 33 trofi, bermain dengan tim dan para pemain terbaik di dunia, saya ingin ke Amerika Serikat dan menunjukkan bagaimana sepak bola saya. Saya ingin menang dan memilih LA Galaxy untuk mewujudkannya," ucapnya.

Tak butuh waktu lama bagi Ibrahimovic untuk beradaptasi. Belajar dari pengalamannya bermain di banyak klub berbeda membuat dirinya bisa langsung klik bersama LA Galaxy. Hal itu dibuktikan ketika dirinya sukses mencetak dua gol dalam laga debut.

Dua gol Ibrahimovic sukses mengantarkan LA Galaxy menang dengan skor akhir 4-3 atas Los Angeles FC. Padahal dirinya memulai debut dari bangku cadangan. Ia baru masuk ke lapangan pada menit ke-71.

Setelah itu, penampilan Ibrahimovic makin menggila, tercatat dirinya kini sudah mengumpulkan 21 gol dari 25 pertandingan di MLS atau menjadi pemain paling subur kedua di Amerika Serikat serelah Josef Martinez yang mencetak 30 gol.

Tak heran, penampilan memikat yang ditunjukan Ibrahimovic di musim perdananya di MLS itu membuat pemain bertinggi badan 195 cm itu masuk dalam tiga nominasi berbeda, yakni Landon Donovan MLS MVP award, the Newcomer of the Year award dan the Comeback Player of the Year award.

Proses pemilihan sendiri akan dilakukan pada 31 Oktober 2018 mendatang. Kemungkinan bagi Ibrahimovic menyabet tiga gelar individu itu mengingat popularitas yang ia miliki.

Bahkan, berkat ketajamannya yang telah kembali seperti sedia kala membuat Ibrahimovic dikabarkan akan kembali direkrut oleh mantan timnya, Manchester United yang kini tengah dalam kebingungan lantaran penyerang andalan yang mereka punya seperti Romelu Lukaku saat ini tengah dalam keadaan mandul.

Ibrahimovic sendiri punya kemungkinan untuk kembali ke Eropa mengingat pada Januari 2019 nanti kompetisi MLS tengah libur kompetisi. Tentu menarik menanti apakah pemain yang pernah meraih gelar top skor di Ligue 1 itu mau kembali dengan status pinjaman atau bertahan bersama klubnya saat ini.

Baca juga
Jovic Ciptakan Sejarah di Bundesliga

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : LA Galaxy Official | Editor: Andi Wahyudi | 20 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company