image

Sebastian Vettel Terkena Hukuman Penalti di GP Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 20 October 2018

SPORTKU.COM

Sebastian Vettel terkena hukuman penalti mundur tiga grid akibat ngebut di bawah bendera merah saat sesi latihan bebas pertama.

Bendera merah dipicu oleh pebalap Sauber, Charles Leclerc, yang mengalami insiden melintir di tikungan kesembilan. Kala itu, mobil yang digunakan oleh Leclerc menyeret kerikil masuk ke dalam sirkuit dan menghentikan sesi latihan bebas pembuka selama sepuluh menit.

Namun, saat tim marshal sedang berupaya untuk mensterilkan lintasan, steward menganggap Sebastian Vettel tidak mengurangi kecepatan mobilnya di antara sektor keenam dan ketujuh. Mengakibatkan pebalap Ferrari itu akhirnya dihukum mundur tiga grid untuk balapan di Grand Prix Austin, Minggu (21/10), dan mendapat dua poin penalti.

Menurut pernyataan FIA, Vettel tidak berada di kecepatan minimum yang telah ditetapkan oleh badan otomotif internasional itu ketika melintasi sektor yang dimaksud.

"Pelanggaran peraturan ini dipandang sebagai masalah yang sangat serius. Agar konsisten dengan keputusan sebelumnya pada insiden serupa tahun ini, Steward menilai hukuman yang ditentukan di atas," kata FIA dalam pernyataan resminya.

Baca Juga :
LEWIS HAMILTON TUNTASKAN FP1 AUSTIN

Keputusan sebelumnya yang dimaksud oleh FIA adalah pelanggaran yang serupa dilakukan oleh Esteban Ocon di Grand Prix Jepang beberapa waktu lalu.

Tentunya hal tersebut telah menjadi tekanan untuk Vettel yang diharap tidak memberikan angin segar berupa delapan poin untuk rival utamanya, Hamilton, yang kini tengah berjuang merebut gelar juara dunia kelimanya.

Seperti diketahui bahwa Vettel dan Hamilton kini terpaut selisih 67 poin di klasemen sementara. Jika di GP Austin Hamilton berhasil menjadi juara, sedangkan Vettel gagal finish di tempat kedua, maka sudah dipastikan bahwa pebalap Mercedes itu dapat menyegel mahkota dunianya di musim 2018.

sebastian-vettel-terkena-penalti-1429146c11e8706.jpg

Baca Juga :
Perebutan Gelar Juara Dunia Hamilton di Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 20 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company