Kilas Balik MotoGP Jepang, Tiga Pabrikan Berpeluang Menang

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 October 2018

SPORTKU.COM

Sirkuit Motegi, Jepang kembali menjadi penyelenggara MotoGP 2018 pada akhir pekan ini, 20-21 Oktober.

MotoGP Jepang menjadi lokasi adu kekuatan antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dalam perebutan juara. Di Sirkuit Motegi, Marquez dan Dovizioso masing-masing memang baru menangi satu kali balapan. Kemenangan Marquez dicetak tahun 2016 dan Dovizioso di musim 2017.

Tentu balapan akhir pekan ini kembali akan memberikan tontonan menarik dalam perebutan posisi terdepan antara kedua pebalap tersebut. Pada seri sebelumnya di Thailand, Dovizioso kalah di menit-menit akhir jelang bendera finish. Marquez pun menang tipis dengan selisih waktu hanya +0.115detik dari Dovizioso.

Namun melihat fakta di atas kertas, Sirkuit Motegi bukan hanya menjadi daerah jajahan Honda dan Ducati. Ada Yamaha yang juga punya peranan penting dalam perebutan kemenangan di Sirkuit Motegi. Yamaha sudah beberapa kali finish terdepan di MotoGP Jepang.

Sejak Sirkuit Motegi pertama kali menggelar MotoGP di tahun 2004 silam, Yamaha sudah 4 kali menjadi juara (2008, 2009, 2013, 2014). Penampilan kuat di Sirkuit Motegi juga ditujukkan oleh Ducati. Pabrikan Italia ini sudah 5 kali menang di tahun 2005, 2006, 2007, 2010, 2017.

Tetap, kemenangan terbanyak berhasil ditorehkan oleh Honda. Pabrikan Sayap Kepak ini sudah 7 kali meniti kemenangan di Sirkuit Motegi. Terhitung pada penyelenggaraan MotoGP Jepang tahun 2002, 2003, 2004, 2011, 2012, 2015, dan di musim balap 2016.

Baca Juga
Razlan: Malaysia Rugi Gelar F1, Mending MotoGP (Video)

Situasi yang berbeda tentu akan terjadi di MotoGP Jepang 2018. Pasalnya, bukan hanya Honda dan Ducati yang memiliki peranan kuat untuk bisa memperebutkan podium kemenangan. Di sisi lain, juga ada Yamaha yang sejak seri sebelumnya seakan bangun dari tidur panjangnya.

Pada seri sebelumnya di Thailand, dua pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales mampu memberikan penampilan terbaik mereka. Hal berbeda memang sangat terlihat dari keduanya sebelum seri Thailand yang lebih banyak mengalami masalah dengan Yamaha M1.

Sebelum sampai seri Thailand, Yamaha M1 memang lebih banyak rewel dan sulit diajak kompromi. Rekor terburuk pabrikan Jepang ini terjadi di MotoGP Aragon. Rossi hanya bisa finish di posisi 8 sedangkan rekan setimnya menduduki peringkat 10.

Yamaha langsung masuk zona merah. Yamaha mengalami kekalahan terlama di MotoGP setelah melewati 23 balapan. Kemenangan terakhir Yamaha diraih oleh Rossi di MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada musim 2017 lalu. Meski di Thailand juga belum bisa menangi balapan, namun banyak peningkatan yang diperlihatkan Yamaha. Rossi finish ke-4 dan Vinales podium 3.

Mampukah Yamaha kembali memiliki peranan penting dalam perebutan podium teratas di MotoGP Jepang? Di sisi lain, Ducati bersama Dovizioso dan Marquez dengan Honda juga menjadi tokoh sentral di 15 seri balapan sebelumnya. Baik Marquez maupun Dovizioso sama-sama sulit dikalahkan.

Baca Juga
Razlan, Jadikan Sirkuit Sepang Sebagai Trek Paling Sibuk (Video)
Faerozi, Murid Rossi Tak Berkutik 

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 20 October 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Galeri DragBike Moge 402Meter

Galeri DragBike Moge 402Meter

DRAG BIKE
Penyesalan Dalam Karier Balap Rossi

Penyesalan Dalam Karier Balap Rossi

MOTOGP
Pebalap Indonesia Tembus Podium Teratas

Pebalap Indonesia Tembus Podium Teratas

ROAD RACE
Pirelli Berjaya di Kejurnas Motoprix

Pirelli Berjaya di Kejurnas Motoprix

ROAD RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company