image

Lewat Drama 11 Gol, Qatar Tundukkan Indonesia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | 22 October 2018

SPORTKU.COM

Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Qatar dalam laga yang menghasilkan 11 gol pada Minggu (21/10) malam WIB. 

Memainkan susunan pemain seperti di laga sebelumnya, Indonesia langsung tampil menekan sejak awal pertandingan.  Terbukti, di menit ketujuh akselerasi Egy Maulana Vikri membuat lini pertahanan Qatar kocar kacir sehingga harus dilanggar. 

Peluang pertama didapat lewat tendangan bebas Muhamad Luthfi tapi sayangnya berhasil dihalau lini belakang Qatar. Namun asik menyerang, gawang Indonesia justru bobol di menit 11. 

Berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Indonesia, Abdulrasheed Umaru melepaskan umpan ke kotak penalti. Namun, sebuah kesalahan antisipasi dari Nurhidayat membuat Hashim Ali dengan mudah menjebol gawang Muhamaf Riyandi. Qatar memimpin 0-1.

Setelah gol tersebut, konsentrasi Indonesia mulai pecah. Berulang kali kesalahan dibuat, terutama di lini belakang. Hasilnya, dua menit berselang Qatar kembali menambah keunggulan lewat Abdulrasheed. Skor menjadi 0-2.

Tertinggal dua gol cepat, permainan Indonesia benar-benar tidak terpola. Berkali-kali pemain Qatar dengan mudah merangsek ke pertahanan Indonesia. 

Dan di menit 24, gawang Riyandi kembali kemasukan, kali ini melalui tendangan keras Mohammed Waad Albayati. Qatar kian menjauh 0-3.

Setelah kemasukan tiga gol, Indonesia berusaha bangkit. Hal tersebut sempat membuahkan hasil lewat tendangan bebas indah Luthfi pada 27. Skor menjadi 1-3. 

Gol dari Luthfi seakan membangkitkan semangat Garuda Nusantara. Terbukti setelahnya, dua peluang didapat Egy secara berturut-turut, yang sialnya masih dapat diamankan dengan baik oleh kiper Qatar, Salah Zakaria Hassan. 

Tendangan bebas Luthfi meluncur deras ke gawang Qatar

afc-u-19-qatar-vs-72201a97b7486b2.JPG

Saat mencoba bangkit, petaka kembali datang di menit 40. Lagi-lagi Abdulrasheed mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan kerasnya tak mampu dihalau Riyandi. Skor 1-4 untuk keunggulan Qatar akhirnya menutup paruh pertama. 

Di babak kedua, Indra Sjafri langsung melakukan perubahan dengan menarik Nurhidayat yang banyak melakukan kesalahan di babak pertama dengan Indra Mustafa. 

Qatar yang sudah unggul cukup jauh kembali mendominasi. Dan hasilnya Qatar kembali menambah keunggulan melalui gol Hashim di menit 50.

Melihat anak asuhnya kembali kebobolan, Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo Ferre di menit 55 menggantikan Muhammad Rafli Mursalim.  Akan tetapi, justru Riyandi yang kembali memungut bola dari gawang setelah Abdrulrasheed mencetak hattrick di pertandingan ini di menit 56, Qatar kian menjauh 1-6. 

Setelah gol tersebut, Indonesia yang sudah tertinggal lima gol masih bersemangat untuk mencetak gol. Dan upaya Indonesia menemui hasil di menit ke-64 lewat tendangan bebas pemain pengganti, Todd Rivaldo Ferre. Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 2-6. 

Gol dari Todd membuat gairah skuat Merah Putih kembali membara. Terbukti, empat menit berselang giliran Saddil Ramdani yang menjebol gawang Qatar, lagi-lagi memanfaatkan bola mati. Eksekusi Saddil yang sempurna tidak mampu dihentikan oleh Salah Zakaria. Skor menjadi 3-6. 

Masuknya Todd Ferre di babak kedua ini benar-benar menghidupkan lini depan Indonesia. Pada menit ke-72, aksi pemain yang membela Persipura Jayapura itu memporak-porandakan lini belakang Qatar sebelum melepaskan tendangan yang menghujam gawang Qatar. Indonesia kian merapatkan jarak 4-6. 

Gemuruh para suporter di stadion kian membakar semangat Indonesia. Pada menit 80, lagi-lagi aksi individu Todd Ferre yang melewati pemain Qatar diakhiri dengan tembakan pelan yang membuat skor menjadi 5-6. 

Setelah gol tersebut, para pemain Qatar mulai bermain panik. Banyak bola panjang dikirimkan langsung ke lini pertahanan Indonesia. Sebaliknya, Indonesia tampil sangat percaya diri bermain dan beberapa kali mengancam gawang Qatar untuk menyamakan kedudukan. 

Upaya Indonesia, sebenarnya hampir terwujud setelah Feby Eka mendapat peluang lewat tendangan bebas di masa injury time. Namun, sangat disayangkan tendangan Feby masih bisa ditepis oleh Salah Zakaria.

Akhirnya, upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan tidak berhasil hingga wasit meniup peluit panjang. Skor bertahan 5-6 untuk kemenangan Qatar. Dengan hasil ini, untuk sementara posisi Indonesia di grup A turun ke urutan tiga karena di laga lain Uni Emirat Arab pesta gol ke gawang Taiwan 8-1. 

Dan di laga terakhir, mau tidak mau Indonesia wajib memenangi pertandingan saat berhadapan dengan Uni Emirat Arab (UEA). Pasalnya, jika sampai seri apalagi kalah, maka perjuangan Indonesia di Piala Asia dipastikan terhenti. 

Selebrasi pemain Qatar usai pertandingan

afc-u-19-qatar-vs-17380cc1c6f9b4f.JPG

Baca Juga:
Sarri Murka Melihat Kelakuan Asistennya

Baca Juga:
Aksi 'Gila' Asisten Sarri Pancing Amarah Mourinho

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | 22 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Di Balik Kebebasan Hakeem al-Araibi

Di Balik Kebebasan Hakeem al-Araibi

FOOTBALL
Garuda Select Bantai Klub Inggris

Garuda Select Bantai Klub Inggris

FOOTBALL
Negara CONMEBOL Ajukan Bidding PD

Negara CONMEBOL Ajukan Bidding PD

FOOTBALL
Ibrahimovic Sindir Ronaldo

Ibrahimovic Sindir Ronaldo

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company