image

Pupuskan Harapan Hamilton, Kimi Raikkonen Juara di GP Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 22 October 2018

SPORTKU.COM

Kimi Raikkonen mengakhiri paceklik kemenangan selama kurang lebih lima tahun dengan menjadi juara di GP Austin.

Raikkonen telah memaksa Lewis Hamilton untuk menunda perayaan gelar juara dunia kelimanya di Circuit of The Americas dengan mengakhiri balapan di posisi ketiga. Sementara podium kedua diselamatkan oleh Max Verstappen yang sempat berduel sengit dengan pebalap Mercedes itu.

Raikkonen membukukan waktu lebih cepat 18,222detik dari rekan setimnya, Sebastian Vettel, yang mengakhiri balapan di peringkat keempat. Pebalap Jerman itu merupakan saingan terdekat Hamilton untuk meraih gelar juara dunia musim 2018, maka tak ayal jika pertarungan keduanya masih akan berlanjut di Meksiko pada pekan depan.

Adapun Valtteri Bottas mengisi urutan kelima, di depan duo Renault Nico Hulkenberg dan Carlos Sainz. Sedangkan pebalap Racing Point Esteban Ocon, Kevin Magnussen dari Haas dan rekan setim Ocon, Sergio Perez melengkapi peringkat sepuluh besar.

Serupa dengan di Suzuka, aksi saling menyalip antara Vettel dengan Ricciardo kembali terjadi di Austin. Pebalap Jerman itu mendahului Ricciardo di trek lurus backstraight, namun akhirnya ia tergelincir saat mengerem.

Laju rekan setim Raikkonen itu memang terbilang kencang sehingga mengakibatkan sisi bagian kiri mobil Ricciardo menjadi rusak karena ditabrak Vettel. Ia pun akhirnya terlempar ke urutan 15 dan memulai perjuangan untuk menahan perayaan Hamilton dari posisi sana.

Baca Juga :
Lewis Hamilton Raih Pole di GP Austin

Usai perselisihan antara Vettel dengan Ricciardo, pebalap Red Bull itu mampu lolos untuk melanjutkan balapan, hingga akhirnya Ricciardo menyerah karena terdapat masalah mekanis di kendaraannya. Kejadian ini pun memicu hadirnya virtual safety car.

Selain itu, di balapan ke-18 kejuaraan Formula 1 2018 ini, sedikitnya ada empat pebalap yang tak mampu untuk menyelesaikan perlawanan di lintasan COTA, mereka adalah rekan setim Vettel di musim depan Charles Leclerc, Daniel Ricciardo dari Red Bull, pebalap Haas Romain Grosjean, dan sang bintang McLaren Fernando Alonso.

Berikut adalah hasil lengkap kejuaraan Formula 1 Grand Prix Austin yang berlangsung di COTA, Minggu (21/10) waktu setempat.

gp-austin-71680db5b448a42.jpg

Baca Juga :
Duo Ferrari Ambil Alih FP3 Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 22 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company