image

Hasil GP Austin Berikan Musim Terbaik Bagi Renault

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Renault F1 | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

SPORTKU.COM

Upaya kedua pebalap Renault di Grand Prix Austin akhir pekan kemarin memberikan hasil dua kali lipat dari yang diharapkan.

Di mana keduanya berhasil menjadi yang tercepat di peringkat sepuluh besar, dengan Nico Hulkenberg menempati urutan keenam dan Carlos Sainz Jr. di posisi ketujuh.

Raihan waktu yang dicapai kedua pebalap itu lebih lambat satu menit dari sang juara, Kimi Raikkonen. Meskipun demikian, ini merupakan salah satu pencapaian terbaik bagi Hulkenberg dan Sainz di sepanjang musim 2018.

Pada balapan sebelumnya, Hulkenberg pernah beberapa kali tidak dapat menyelesaikan balapan, yakni di Azerbaijan, Spanyol, Austria, Belgia, dan Jepang. Ia juga beberapa kali finish di luar peringkat sepuluh besar, sehingga tidak mendapatkan poin.

Sementara Sainz, sepertinya lebih sedikit bernasib mujur dibanding rekan setimnya. Karena hampir jarang ia tidak dapat menuntaskan balapan di musim ini. Namun, bukan berarti di peringkat klasemen sementara Sainz lebih unggul dari Hulkenberg, justru sebaliknya jarak mereka terbilang cukup jauh, ketujuh untuk Hulkenberg dan Sainz ke-12.

Dari segi nilai pun demikian, keduanya terpaut selisih 16 poin. Pebalap Jerman itu pernah terkena penalti di GP Baku akibat mengganti girboks usai sesi latihan terakhir, hingga dijatuhi hukuman mundur lima grid.

Sementara itu di Austin kemarin, Hulkenberg dan Sainz sudah menikmati awal yang kuat untuk balapan mereka. Meskipun akhirnya Sainz sempat menerima pukulan telak dari steward, yakni penalti lima detik akibat melebihi batas trek di lap pembuka.

"Saya senang, karena semenjak saya bergabung dengan Renault, hari ini saya melihat hasil kerja keras tim terbayarkan," kata Hulkenberg usai balapan hari Minggu (21/10) di COTA.

Pebalap Jerman itu juga mengatakan, ia dan Sainz telah menunjukkan bahwa laju balap mobil sangat layak dan masih kompetitif. "Ini menggambarkan betapa pentingnya memiliki posisi kualifikasi yang kuat dan lap pertama yang bersih," lanjutnya.

Baca Juga :
Pupuskan Harapan Hamilton, Kimi Raikkonen Juara di GP Austin

"Segalanya masih mungkin bagi kami dan kami mengambil banyak poin di Austin. Sekarang kami memiliki tiga balapan yang tersisa sampai akhir musim, sehingga kami masih perlu untuk menjaga kestabilan permainan kami," pungkas pebalap berusia 31 tahun itu.

Sementara itu di sisi lain, Sainz merasa bingung untuk memahami penalti yang diberikan oleh steward kepadanya. Karena menurut Sainz, ia berlari lebar di tikungan pertama tetapi ia telah bergabung kembali ke trek dengan aman, bahkan mampu menghasilkan posisi yang baik bagi pebalap Racing Point, Esteban Ocon.

"Ketidakkonsistenan yang sekarang ada di Formula 1 memberikan efek yang begitu menderita bagi saya. Mungkin saja tanpa penalti lima detik itu, saya bisa melakukan berbagai macam hal, seperti mengisi bahan bakar, mengganti ban, bahkan bertarung untuk memperebutkan posisi keenam. Tapi itulah hidup," kata pebalap yang meraih enam poin di GP Austin.

Namun, secara keseluruhan pebalap McLaren musim depan itu senang dengan penampilannya di COTA. "Jujur, saya merasa cukup senang dengan berbagai hal yang berjalan di Amerika. Memulai balapan dari grid ke-11 dan berakhir di urutan ketujuh adalah sesuatu yang menyenangkan," ujar putra dari mantan pebalap F1 Carlos Sainz.

Renault mampu mencapai hasil yang baik di Austin setelah berbagai rentetan penurunan performa telah terjadi di balapan sebelumnya.

"Sejujurnya, ini merupakan hasil yang sulit bagi tim. Meskipun kami mendapatkan poin, kami tahu bahwa kami tidak memiliki kecepatan yang begitu banyak, tetapi hari ini kami memiliki kecepatan dan kami memiliki poin, jadi kami senang dengan hal itu," pungkas Sainz.

Dengan bertenggernya kedua pebalap Renault di peringkat sepuluh besar, maka mereka telah menambah pundi-pundi poin sebanyak 14, dan posisi tim di klasemen sementara saat ini berada di urutan keempat dengan total 106 poin.

Adapun untuk Nico Hulkenberg sendiri saat ini menempari urutan ketujuh dengan total 61 poin dan Carlos Sainz Jr. berada di peringkat ke-12 dengan raihan 45 poin.

Kira-kira, mampukah duo Renault meraih poin yang lebih tinggi lagi di sisa tiga balapan terakhir musim ini? Simak terus berita selengkapnya mengenai Formula 1 di SPORTKU.

Baca Juga :
Sebastian Vettel Terkena Hukuman Penalti di GP Austin

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Renault F1 | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company