image

Indonesia Bergerak Cepat Demi Tampil di Piala Dunia Basket 2023

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : IBL | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

SPORTKU.COM

Basket Indonesia perlu mendapatkan peningkatan prestasi untuk mengikuti turnamen FIBA World Cup 2023 (Piala Dunia basket). 

Untuk dapat berpartisipasi di FIBA World Cup nanti, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh Indonesia. Salah satunya adalah prestasi di Kejuaraan FIBA Asia 2021. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

“Ada persyaratan dari FIBA yang harus dipenuhi Indonesia untuk bermain di FIBA WC 2023. Indonesia harus menunjukkan prestasi di Kejuaraan FIBA Asia tahun 2021,” ujar Ketua Dewan Penasihat PP Perbasi, Erick Thohir. 

Tetapi, sebelum mengikuti FIBA Asia 2021, Indonesia terlebih dulu harus ikut kualifikasi FIBA Asia di tahun 2019. Dan seandainya menunjukkan prestasi di FIBA Asia 2021, Indonesia dipastikan hanya menjadi tuan rumah tanpa adanya timnas Indonesia sebagai peserta. 

Untuk itu, langkah cepat akan diambil oleh Perbasi. Diantaranya akan menunjuk pelatih asing untuk melatih tim nasional serta membentuk timnas U-18 yang akan diikutsertakan dalam kompetisi IBL. “Timnas U-18 perlu berlaga dalam kompetisi ketat,” sambung Erick.

Kemudian, jalan naturalisasi pun akan diambil oleh Indonesia demi mewujudkan ambisi ke World Cup 2023. “Bukan tidak mau membina, namun ini demi percepatan pembangunan prestasi. Hampir semua negara sudah melakukannya. Mungkin kita perlu satu pemain naturalisasi senior dan dua pemain muda".

Dalam aturan FIBA setiap negara memang diperbolehkan melakukan naturalisasi satu pemain berusia 16 tahun ke atas dan bebas bila usianya di bawah 16 tahun. 

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih pun menyatakan siap untuk membentuk timnas senior dan U-18 sebagai persiapan menuju FIBA World Cup 2023. “Siapa yang akan masuk semuanya kita serahkan kepada pelatih asing yang ditunjuk,” jelas Danny Kosasih. 

Sementara itu, dari IBL, Hasan Gozali sebagai direktur siap memfasilitasi timnas U-18 berlaga di kompetisi IBL. “Kami pasti membantu, kita akan bicarakan formula keikutsertaan timnas U-18 dalam kompetisi IBL,” tutur Hasan. 

Erick Thohir juga merasa yakin bahwa Indonesia akan siap menyelenggarakan Piala Dunia basket lima tahun mendatang. Kesuksesan Asian Games 2018 lalu menjadi acuannya. “Asian Games 2018 yang multi event dan diikuti ribuan peserta saja sukses apalagi single event dengan peserta ratusan,” tutup Erick. 

Baca Juga:
Kelakuan Pelatih Qatar Mengecewakan

Baca Juga:
Lukaku: Ronaldo Sosok Panutan

 

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : IBL | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company