Tahun Depan, Pirelli Lakukan Perubahan Ban untuk Formula 1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Espn.co.uk | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

SPORTKU.COM

Tidak seperti tahun ini dan tahun sebelum-sebelumnya. Di tahun depan, Pirelli, hanya menyediakan tiga warna dalam balapan Formula 1.

Tahun 2017, Pirelli menyediakan lima warna untuk balapan Formula 1. Setiap warna tersebut, mengandung unsur kompon yang berbeda, ungu (ultra soft), merah (super soft), kuning (soft), putih (medium), biru (keras). Setahun kemudian, produsen ban asal Italia tersebut, kembali menambah dua pilihan warna baru dengan kompon yang lebih variatif.

Dua kompon baru tersebut adalah pink dan orange. Warna pink, lebih diperuntukan untuk ban dengan jenis kompon hypersoft. Sementara orange, memiliki karakter kompon superhard. Dengan banyaknya variasi warna tersebut, rupanya tidak membuat Pirelli puas. Sehingga, beredar rencana dari Pirelli untuk memangkas pilihan warna untuk musim depan.

Baca juga:
AHMAD ADIB MENGAKU DIRINYA KECOLONGAN

Disebutkan dari f1technical.net, Pirelli, akan menerapkan tiga pilihan warna dalam musim depan. Putih, kuning dan merah, akan menjadi warna yang merepresentasikan setiap kompon yang digunakan dalam Formula 1. Meski menerapkan tiga warna, namun kompon yang digunakan nantinya akan disesuaikan dengan karakter sirkuit yang menjadi tuan rumah.

Misalkan, warna merah dengan karakter lembut untuk sirkuit Monaco, akan berbeda dengan warna merah yang diperuntukan untuk sirkuit Silverstone, Inggris. Meskipun tetap keduanya memiliki karakter lembut, akan tetapi, development yang dilakukan, terdapat perbedaan yang sangat jelas.

Mengenai rencana tersebut, Mario Isola, Head of Car Racing, sudah mengungkapkan keinginannya, dan pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan FIA dan Formula 1.

"Kami telah membicarakan hal ini dengan tim balap, FIA, Formula 1 untuk sementara waktu. Ide di balik perubahan ini adalah membuat semua ban lebih mudah dikenali dan dapat dijelaskan, terutama untuk tayangan televisi. Sementara penggunaan tiga warna masih akan terlihat jelas untuk menunjukan kompon apa yang digunakan di setiap balapan," ujarnya.

Baca juga:
ESAPEKKA LAPPI MENGESAMPINGKAN RISIKO

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Espn.co.uk | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Kendala Drifter di World Stage

Kendala Drifter di World Stage

DRIFT
Klarifikasi Intersport Terkait Hadiah Pemenang

Klarifikasi Intersport Terkait Hadiah Pemenang

DRIFT
Untold Story From Gerry Nasution

Untold Story From Gerry Nasution

TOURING
Zharfan dan Sirkuit Jalan Raya

Zharfan dan Sirkuit Jalan Raya

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company