image Insiden maut yang dialami Niki Lauda di GP Jerman 1976

Niki Lauda Tinggalkan Rumah Sakit

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 25 October 2018

uploads/news/2018/10/niki-lauda-tinggalkan-rumah-99597dec07163cd.jpg

Niki Lauda Tinggalkan Rumah Sakit

niki-lauda-92726f94ee46e47
SPORTKU.COM

Usai menjalani masa pemulihan pasca transplantasi paru-paru, Niki Lauda diizinkan untuk meninggalkan rumah sakit pada Rabu (24/10).

Mantan pebalap Formula 1 era 70-80an itu jatuh sakit pada bulan Juli, saat berlibur bersama keluarganya di Ibiza. Alhasil, Lauda langsung diterbangkan kembali ke negara asalnya, Austria, dan didiagnosa menderita penyakit paru-paru yang parah.

Kondisi Lauda saat itu sangat kritis, bahkan ada laporan yang mengatakan bahwa ia sedang dalam waktu menghitung hari kematiannya. Lauda akhirnya menjalani operasi transplantasi paru-paru selama enam jam di Rumah Sakit AHK Wina, Vienna, Austria pada (2/8).

Kini, pasca operasi kondisi Lauda sudah semakin membaik, namun ia tetap masih harus menjalani pemulihan. "Sekitar dua setengah bulan setelah transplantasi paru-paru, Lauda dapat meninggalkan rumah sakit dalam keadaan kesehatan yang baik secara keseluruhan," kata rumah sakit dalam pernyataan resminya, Rabu (24/10).

Tapi, karena ia sudah terbaring di tempat tidur untuk jangka waktu yang lama, maka kondisi Lauda masih lemah dan membutuhkan periode rehabilitasi fisik yang panjang untuk memulihkan kekuatannya.

"Niki Lauda harus menjalani rehabilitasi intensif selama beberapa minggu," kata pernyataan itu. "Dokter yang hadir dan staf perawat berharap dia sembuh dengan baik."

Baca Juga :
BEGINI KONDISI NIKI LAUDA PASCA TRANSPLANTASI PARU-PARU

Dalam pernyataannya pihak rumah sakit juga menjelaskan bahwa pria berusia 69 tahun itu akan tetap diawasi selama masa penyembuhannya. Lauda akan terus menerima perawatan dari tim medis yang sama yang telah merawatnya hingga saat ini.

"Tentu saja seperti semua pasien transplantasi lainnya, Niki Lauda akan terus dirawat oleh tim transplantasi paru-paru dari AKH Vienna atau MedUni Vienna."

Soal kabar mengenai kepulangan Niki Lauda, pihak rumah sakit secepatnya akan melakukan konferensi pers pada hari Kamis (25/10) untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang status medis dan pemulihan Lauda.

niki-lauda-92726f94ee46e47.jpg

Kurang lebih 40 tahun yang lalu, tepatnya pada GP Jerman tahun 1976, juara dunia F1 tiga kali ini pernah mengalami kecelakaan nahas yang menyebabkan dirinya terjebak di dalam mobil yang terbakar.

Namun, perawat di Rumah Sakit Wina menegaskan bahwa operasi ini sama sekali tidak disebabkan oleh cedera paru-paru yang Lauda alami usai kecelakaan parah di Nordschleife pada 1976 silam.

Tahun-tahun berikutnya, Lauda juga sempat menderita efek samping akibat dari gas beracun yang dihirupnya saat kecelakaan itu. Hingga akhirnya ia menjalani operasi pencangkokan ginjal pada 1997 dan 2005.

Baca Juga :
Fakta yang Terjadi Usai Balapan Formula 1 GP Austin

Rentetan masalah medis yang menimpa Lauda tidak membuat ia menjauh dari paddock Formula 1. Terlebih, saat ini ia masih bertindak sebagai ketua non-eksekutif tim Mercedes AMG F1. Sampai Lauda jatuh sakit selama musim panas beberapa waktu lalu, ia tidak pernah absen memberi komentar dari aksi on-track pebalap untuk media.

Calon juara dunia musim ini, Lewis Hamilton mengatakan, bahwa salah satu alasan dia memilih bergabung dengan tim McLaren pada akhir 2012 adalah karena keterlibatan Lauda di Mercedes.

Pebalap Britania Raya itu mengungkapkan bahwa akhir pekan lalu ia telah ditelepon oleh Lauda. "Saya sangat terkejut mendapat panggilan darinya. Aku bilang padanya, 'Kamu terdengar lebih muda dari sebelumnya!' Dia pun bertekad untuk kembali ke F1," kata Hamilton.

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 25 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company