image Kurt Sorge, pemegang rekor juara Red Bull Rampage sampai saat ini  (Foto: Polygon Bikes)

Mengenal Red Bull Rampage, Kontes MTB Freeride Paling Ekstrem Sejagat Raya

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Berbagai sumber | 26 October 2018

uploads/news/2018/10/kontes-mtb-freeride-paling-4903710cbee5a6d.jpg

Kontes MTB Freeride Paling Ekstrem

juara-redbull-rampage-2017--37695151192e9b7
SPORTKU.COM

Liar, adrenaline, gila, mungkin menjadi kata-kata yang cocok untuk menggambarkan event sepeda gunung yang satu ini.

Sejak pertama kali digelar, Red Bull Rampage mampu menyita perhatian dunia, khususnya para penggemar MTB atau olahraga ekstrem lainnya.

Red Bull Rampage digelar setiap tahun, biasanya di bulan Okrober, dan menjadi salah satu event yang paling tunggu oleh para penggemar sepeda gunung atau mereka yang menyukai aktivitas yang memacu adrenaline.

Sesuai dengan namanya, Red Bull Rampage adalah sebuah event sepeda gunung yang diprakarsai oleh sebuah produsen minuman energi. Event ini diselenggarakan sekali dalam setahun dan merupakan sebuah kompetisi.

Namun demikian peserta pada kontes freeride ini bersifat tertutup. Artinya, hanya mereka yang dianggap layak, yang akan diberi kesempatan untuk bersaing pada kontes yang ekstrem tersebut.

Red Bull Rampage diselenggarakan pertama kalinya pada 2001 silam di kawasan taman Ansional Zion (Zion National Park), di Utah, AS, yang dikenal memiliki alam yang liar dan menantang.

Rampage sempat dihentikan pada tahun 2004 karena dinilai terlalu berbahaya bagi pesertanya. Namun pada 2008, Rampage kembali muncul, sampai sekarang.

Baca juga:
HIGHLIGHTS GFNY RIDE 40K JAKARTA

Baca juga:
KONSUMSI MINUMAN ION UNTUK TINGKATKAN METABOLISME TUBUH

Layaknya olahraga lompat indah atau senam lantai, dalam kontes ini peserta akan ditantang untuk melintasi jalur sepeda yang ekstrem, dengan menuruni lereng-lereng tebing yang curam.

Uniknya, kini setiap peserta diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri lintasan yang akan dilaluinya dan membuat atau menyesuiakan jalur yang diperlukan. Namun penyesuaian tersebut dilakukan dengan peralatan yang sederhana, seperti sekop pacul serta alat sejenis yang lain.

Juara kontes ini ditentukan dari nilai yang diraih oleh setiap rider, yang ditentukan oleh juri yang ditunjuk. Artinya, siapa yang meraih nilai tertinggi, maka dialah yang akan dinyatakan sebagai pemenang.

Penilaian pada umumnya diambil dari kesempurnaan gaya atau keindahan rider saat melakukan lompatan di atas lintasan.

Dengan lintasan yang ektrem, pada event ini pun bisa jumpai rintangan berupa drop tinggi atau dalam hingga lebih dari 40 kaki (13 meter).

Saat melompat, para rider juga menampilkan beragam style yang unik dan sulit, seperti jumping tinggi, double backflip, 720s, hingga style terbang ala Superman yang pernah ditampilkan oleh freerider asal Inggris, Sam Reynolds.

Sejak awal sampai sekarang, Kurt Sorge asal Kanada masih memegang rekor kemenangan di ajang Red Bull Rampage, dengan sebanyak 3 kali (tahun 2012, 2015 dan 2017). Sebagai juara bertahan, Kurt akan kembali beraksi pada tahun ini.

Dengan besarnya resiko yang dihadapi para peserta, pihak penyelenggara pun menyediakan hadiah berupa uang tunai kepada para pemenang yang cukup tinggi.

Pada awalnya, penyelenggara menyediakan hadiah sekitar 8 ribu dollar AS bagi para pemenang. Namun jumlah tersebut ditambah setiap tahunnya hingga sekrangan mencapai 10 ribu dollar AS atau sekitar Rp1,5 miliar.

Namun ada hal yang cukup menggembirakan. Sejak Rampage pertama hingga saat ini belum ada rider yang mengalami cedera fatal atau terjadi korban jiwa.

Data-fakta Red Bull Rampage:
# Event MTB free ride yang digelar setiap tahun di AS
# Juara Rampage pertama adalah Wade Simmons (Kanada)
# Terdapat obstacle berupa drop dalam hingga 13 meter.
# Rekor juara terbanyak dipegang oleh Kurt Sorge (3 kali)
# Nilai hadiah untuk pemenang mencapai 10 ribu dollar AS (Rp 1,5 miliar)

Kurt Sorge, pemegang rekor juara Red Bull Rampage sampai saat ini (Foto: Polygon Bikes)

juara-redbull-rampage-2017--37695151192e9b7.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Berbagai sumber | 26 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company