image

Sejarah Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez Tempat Berlangsungnya GP Meksiko

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 26 October 2018

SPORTKU.COM

Sirkuit ini memiliki trek yang digunakan mirip dengan F1 Australia, di mana lintasannya mengambil tempat di taman kota.

Sirkuit Hermanos Rodriguez pertama kali dibangun pada tahun 1959 dan untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah balapan Grand Prix Meksiko di tahun 1963 hingga 1970. Balapan jet darat itu sempat terhenti karena banyaknya penonton yang menyebabkan kondisi menjadi tidak aman. Balapan pun dimulai kembali pada tahun 1986 sampai 1992.

Namun, karena satu dan lain hal, balapan sempat terhenti untuk kedua kalinya dan dimulai kembali di tahun 2015 hingga sekarang. Nama Hermanos Rodriguez diambil sebagai bentuk apresiasi kepada pebalap F1 asal Meksiko, yaitu Ricardo Rodriguez dan Pedro Rodriguez, yang keduanya saudara dan meninggal sama-sama saat berlaga di pentas F1.

Selain sebagai tuan rumah Grand Prix, sirkuit ini juga digunakan sebagai balapan A1GP, Champ Car, IndyCar, dan NASCAR. Sirkuit ini juga menjadi satu-satunya tempat balapan yang pernah dikunjungi Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1999.

Sirkuit Hermanos Rodriguez memiliki panjang lintasan 4,304km dan memiliki 17 tikungan. Sirkuit ini menjadi saksi bersejarah bagi Honda yang mencicipi kemenangan pertama di F1 sebagai konstruktor pada musim 1965 lewat pebalap asal Amerika Serikat, Richie Ginther.

Adalah Jim Clark, pebalap F1 dari tim Lotus Climax yang pertama kali menjadi juara di lintasan Hermanos Rodriguez dengan berhasil melahap 54 lap. Sementara Sebastian Vettel merupakan pemecah rekor lap di tahun 2017 dengan catatan waktu 1menit 18,785detik.

Sirkuit berada di ketinggian 7.500 kaki dan udara tipis yang membuat kesulitan sendiri bagi pebalap dan mobil mereka. Hermanos Rodriguez juga memiliki tikungan akhir yang sangat cepat dan diberi nama Peraltada, letaknya sebelum awal/akhir jalur panjang tikungan ke-17.

Baca Juga :
Jadwal Lengkap F1 GP Meksiko

Sirkuit balapan Formula 1 ini sempat mengalami renovasi yang signifikan di bawah arahan arstitektur kondang asal Jerman, Hermann Tilke. Bagian depannya ditambah lurusan panjang untuk mengakomodir pusat media baru dan paddock.

Pada tahun 2015, nama Sirkuit Hermanos Rodriguez dibaptis menjadi Autodromo Hermanos Rodriguez, untuk menghormati legenda F1 Nigel Mansell, yang pernah menjadi pemenang sebanyak dua kali di Grand Prix Meksiko, tahun 1987 dan 1992.

Sepanjang sejarah gelaran F1, tercatat sudah ada enam pebalap asal Meksiko yang berkiprah hingga musim ini, mereka adalah Sergio Perez, Esteban Gutierrez, Pedro Rodriguez, Hector Rebaque, Ricardo Rodriguez, dan Moisés Solana.

Tahun lalu gempa berkekuatan 7,1SR telah mengguncang bagian tengah Meksiko. Beruntung sirkuit yang berada di sebelah tenggara ibu kota itu tidak mengalami kerusakan. Kepala pemasaran lomba, Rodrigo Sanchez, memastikan hal tersebut.

Menurutnya, pihak sirkuit sudah melakukan dua kali pemeriksaan, mulai dari permukaan lintasan dan juga bangunannya. Sehingga putaran ke-18 GP Meksiko 2017 dapat tetap terlaksana.

Daya tampung penonton di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez terbilang besar. Pasalnya, tahun lalu saja sekitar 135.000 penonton hadir. Jumlah terbanyak kedua setelah Sirkuit Silverstone, Inggris, yang menarik 139.000 penonton.

Balapan di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez didukung pemerintah Meksiko, yang membayar biaya hosting ke Formula 1. Pemerintah melihat balapan jet darat ini cukup penting sebagai pendorong pariwisata dan citra Meksiko di luar negeri.

Baca Juga :
MENGENAL LEBIH DEKAT 21 SIRKUIT F1 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 26 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company