image

SSFC Depok Ajak Bikers Pahami Risiko Berkendara

Text : Suhartono | Photo / Video : SSFC Depok | Editor: Andi Wahyudi | 26 October 2018

SPORTKU.COM

Keberadaan bikers dalam sebuah komunitas maupun klub bisa menjadi sarana untuk terus mengkampanyekan keselamatan berkendara atau safety riding.

Bikers dengan agenda touringnya memang bukan hal baru lagi. Mereka sudah sering kali menggelar touring baik dalam jarak dekat maupun jauh. Namun ternyata, touring bukan menjadi menu utama mereka. Para bikers juga memiliki kepedulian dalam hal safety riding.

Belum lama ini, pada Minggu, 21 Oktober lalu, para bikers yang tergabung dalam Suzuki Satria F150 Club (SSFC) Pengda Depok menggelar acara dengan tema 'Biker Ready for Road Safety'. Acara yang dihelat di kawasan Ciganjur, Depok, Jawa Barat itu dimulai sejak pagi hari.

Event Biker Ready for Road Safety bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi bagi para bikers yang mayoritas adalah pekerja. Dalam acara yang juga menggandeng BPJS Ketenagakerjaan ini, ditekankan bahwa bikers tidak hanya mempersiapkan diri melalui penerapan prinsip safety riding. Melainkan juga paham tentang manajemen risiko, adanya kecelakaan lalu lintas yang mungkin saja dialami saat berkendara.

Baca Juga
Rossi Berharap Tren Positif di MotoGP Australia

Dari data yang yang dihimpun oleh SSFC Pengda Depok, kecelakaan kerja di kalangan pekerja masih tinggi. Faktanya sepanjang 2016 di Jakarta terjadi 5.093 kasus kecelakaan kerja yang menimpa peserta BPJS Ketenagakerjaan diantaranya 2.565 (50%) kasus kecelakaan kerja di lokasi kerja. Sedangkan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.099 (41,21%) dan 429 (8,42%) kasus terjadi di luar lokasi kerja.

"Acara kampanye keselamatan berkendara buat SSFC Depok bukanlah hal baru. Dari tahun 2006 kegiatan seperti ini sudah diadakan, tapi dulu hanya untuk internal kami sendiri. Sejak tahun 2014 kita mulai membuat acara ini untuk publik atau umum. Ini bentuk kepedulian kami selaku klub motor SSFC Pengda Depok akan pentingnya keselamatan berkendara. Sudah 5 tahun belakangan ini kami selalu menggelar acara ini yang dimotori oleh bro Hery Bontot dan bro Tamsir," ungkap Bonie Barlian, Ketua SSFC Pengda Depok.

"Saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada para peserta. Pada saat berkendara di jalan raya saya sudah safety, orang lain juga mungkin sudah safety, tapi risiko kecelakan di jalan tetap ada. Jadi saya berfikir pengendara sekarang harus cerdas dan memiliki pengalihan risiko berupa asuransi untuk mengcover dan melindungi diri," tutup Begawan, Ketua Panitia.

Baca Juga
Korea Selatan Tuan Rumah ARRC 2019, Gantikan Indonesia?
10 Data dan Fakta WSBK Qatar

Text : Suhartono | Photo / Video : SSFC Depok | Editor: Andi Wahyudi | 26 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company