image

Race 2 WSBK Qatar Dibatalkan

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 28 October 2018

SPORTKU.COM

Race 2 World Superbike (WSBK) 2018 di Sirkuit Losail, Qatar dibatalkan.

Hujan deras dan badai pasir pada Sabtu (27/10) pagi melanda Qatar. Kondisi tersebut membuat Race 2 WSBK Qatar dibatalkan. Hujan deras disertai badai juga mengguyur Sirkuit Losail di pagi hari, kondisi memburuk dan karena itu keputusan yang sulit diambil untuk membatalkan race yang seharusnya menjadi balapan terakhir di musim ini.

Dengan dibatalkannya Race 2 WSBK Qatar, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) akhirnya kemas 545 poin dan 17 kemenangan, termasuk menang di Race 1 Qatar. Sementara Chaz Davies (Aruba.it Racing Ducati) mengambil posisi kedua dengan 356 poin. Tertinggal 23 poin, Michael van der Mark Pata Yamaha puas di peringkat 3 klasemen akhir.

“Setelah balapan World Supersport, komisi keselamatan (FIM, Organisasi Dorna WSBK dan pebalap WSBK) bertemu. Karena peningkatan genangan air, serta mempertimbangkan perbedaan antara daya dan ban sepeda WorldSBK dan WorldSSP, ini membuat kami memutuskan balap tidak akan aman dalam kondisi ini," ungkap Sporting Director WSBK, Gregorio Lavilla.

Sebelumnya, Sirkuit Losail memang pernah mengalami masa-masa sulit sebagai trek balap internasional. Pada gelaran MotoGP 2017 lalu, bahkan nyaris dibatalkan. Sirkuit Losail benar-benar dilanda cuaca ekstrem pada seri pembuka MotoGP 2017 di bulan Maret.

Baca Juga
Pangkal Pinang Dicoret dari Kalender MXGP 2019

Saat itu guyuran hujan yang cukup deras membuat sirkuit memiliki banyak genangan air di beberapa bagian. Hal ini membuat Komisi Keselamatan MotoGP akhirnya memabatalkan sesi kualifikasi. Bahkan race MotoGP nyaris dibatalkan. Loris Capirossi, perwakilan Komsisi Keselamatan MotoGP mengatakan buruknya drainase di Sirkuit Losail membuat masalah besar sehingga banyak genangan air.

Pada Maret 2018 lalu, Sirkuit Losail juga mebuat berbagai uji coba di luar kebiasaan. Di mana pada saat test pramusim MotoGP, justru sirkuit dibuat basah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika berbagai masalah yang pernah terjadi di musim sebelumnya.

Selain itu, test pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Losail yang dibuat basah juga ditujukan untuk mengetahui apakah jarak pandang pebalap terlalu terpengaruh oleh pantulan sorot lampu jika balapan benar-benar harus dilangsungkan saat kondisi hujan.

Berbagai uji coba memang perlu dilakukan oleh pihak Dorna yang merupakan penyelenggara MotoGP juga WSBK. Apalagi balapan di Sirkuit Losail juga diselenggarakan pada malam hari. Di mana risiko lebih tinggi mengincar keselamatan para pebalap. Terlabih lagi jika balapan harus digelar dalam kondisi trek basah di bawah sorotan lampu.

Baca Juga
SSFC Depok Ajak Bikers Pahami Risiko Berkendara
10 Data dan Fakta WSBK Qatar

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | 28 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company