image

10 Fakta Menarik Tentang Ban MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 28 October 2018

SPORTKU.COM

Perebutan hak komersil untuk menjadi pemasok tunggal ban di Kejuaraan MotoGP pernah memanas antara Bridgestone dan Michelin.

Regulasi ban di ajang motoGP terus mengalami perubahan. Sejak musim balap 2009, Dorna Sports selaku penyelenggara event telah menggunakan peraturan baru. Di mana untuk semua pebalap menggunakan ban yang sama atau one make tyre (OMT).

Dengan aturan barunya, Dorna menunjuk Bridgestone sebagai pemasok ban tunggal. Pabrikan ban asal Jepang tersebut sekaligus menggusur Michelin dan Dunlop yang di musim-musim sebelumnya berkompetisi ketat dalam penyediaan ban untuk para pebalap.

Perjalanan Dorna dengan Bridgestone pun berlangsung cukup lama. Hingga tiba di tahun 2015 yang menjadi akhir perjalanan Bridgestone sebagai pemasok ban resmi MotoGP. Bridgestone harus angkat kaki dari MotoGP setelah 7 musim menjadi penyuplai tunggal ban para pebalap di kelas premier.

Mulai tahun 2016, Michelin menggantikan Bridgestone untuk mengambil alih sebagai pemasok tunggal ban MotoGP. Menjadi suplier tunggal ban MotoGP memang bukan hal mudah. Michelin pastinya dituntut untuk terus berada dalam performa tinggi.

Pada awal kemunculannya di aspal balap, Michelin pun tak lepas dari beragam kritik dari para pebalap. Michelin mendapat segudang protes dari pebalap MotoGP lantaran dianggap tak cocok dengan grip motor. Ditambah pebalap yang menyalahkan ban Michelin sebagai penyebab kegagalan finish hingga kecelakaan yang mereka alami.

Miclein pun terus melakukan berbagai penyempurnaan. Pabrikan ban asal Prancis itu tak berhenti untuk membuat beragam inovasi guna memberikan ban terbaik bagi para pebalap sekaligus menciptakan kompetisi terbaik di setiap serinya.

Lalu apa saja yang menjadi fakta-fakta menarik dari ban MotoGP? Berikut ulasannya.

Baca Juga
5 Sirkuit Terpendek MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 28 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company