image Para rider melaju di tanjakan Para rider berpacu di lintasan Para rider berpacu di lintasan Nining Porwaningsih melompat di gap Ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (kedua dari kanan) bersama pentolan komunitas JPM Daniel P.K.A (kanan) saat meninjau lomba dan track JPM    Ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari Para juara di atas podium

Kobarkan Semangat Sumpah Pemuda Lewat Balap Sepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | 29 October 2018

uploads/news/2018/10/jpm-trail-mtb-race-9536344d4d30895.jpg

JPM Trail MTB Race

jpm-trail-mtb-race-87022dab0249aa7
jpm-trail-mtb-race-36056faacc93441
jpm-trail-mtb-race-29381e82327b7bd
jpm-trail-mtb-race-59705f16ae02e8a
jpm-trail-mtb-race-974705dccb227ce
jpm-trail-mtb-race-20249b3c8e6c15f
jpm-trail-mtb-race-878028e030463d1
SPORTKU.COM

Untuk mengobarkan kembali semangat Hari Sumpah Pemuda, komunitas MTB Jalur Pipa Modern (JPM) menggelar kejuaraan sepeda gunung.

Bertajuk JPM Trail MTB Race, kejuaraan yang digelar di kawasan Modern Hill, Tangerang Selatan, Minggu (28/10), ini diikuti oleh lebih dari 220 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari Jabodetabek, peserta yang mengikuti kejuaraan MTB ini juga berdatangan dari Bandung, Riau, Jawa Timur, Kalimantan serta dari daerah lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana JPM Trail MTB Race, Sondi, kejuaraan MTB ini juga digelar sekaligus untuk memperkenalkan track sepeda Jalur Pipa Modern (JPM), khususnya MTB, kepada penggemar olahraga sepeda lainnya.

“Cita-cita luhur kita itu adalah di komplek ini minimal, kita ingin punya pikiran dan aktivitas yang positif. Apa yang kita bisa, ya salah satunya dengan berolahraga sepeda,” kata Sondi.

Race terbagi dalam dua kategori, yakni hardtail dan full Suspension. Masing 2 Kategori tersebut terbagi lagi dalam sejumlah kategori berdasarkan gender dan usia, seperti Junior, Man/Women Open dan Master.

Peserta masing-masing kategori juga ditantang dengan jalur sepanjang 3,2km dengan jumlah lap (putaran) yang berbeda, mulai dari 1 hingga 3 lap.

Mengingat perbedaan jenis sepeda yang digunakan dan tingkat skill peserta yang beragam, penyelenggaraa juga menerapkan sistem buka tutup jalur untuk kategori tertentu. Hal itu dilakukan untuk keamanan peserta. Kejuaraan ini menyediakan hadiah senilia total Rp50 juta kepada para pemenang.

JPM Trail MTB Race sendiri bukan race yang masuk dalam kalender resmi balap sepeda nasional. Namun, penyelenggaraannya mendapat sambutan positif dari para penggemar sepeda gunung.

Yang menarik, race ini juga diikuti oleh atlet dari tim MTB yang kerap berlaga di kejuaraan nasional dan sejumlah pebalap nasional, diantaranya peraih medali perunggu nomor downhill di ajang Asian Games 2018 lalu, Nining Porwaningsih, juara nasional Cross Country Zaenal Fanani, M. Rafika Farisi, serta nama lainnya.

Dibuka Ketua Umum PB ISSI
JPM Trail MTB Race dibuka secara resmi oleh ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari yang didampingi oleh jajaran pemerintah setempat. Ketua Umum PB ISSI mengatakan bahwa pihaknya memang tengah berupaya untuk meningkatkan prestasi olahraga balap sepeda dengan memperbanyak lomba atau event.

Ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari

jpm-trail-mtb-race-20249b3c8e6c15f.jpg

"Kita kan lagi butuh peningkatan prestasi di mountain bike. Jadi cara yang paling efektif itu, dengan memperbanyak perlombaan," kata Okto.

“Jadi, walaupun event ini belum terdaftar di ISSI, nah ini kita datang untuk support dan bisa kasih gambaran juga. Karena sampai hari juga masih banyak organizer atau EO yang belum paham juga, yang mekanismenya seperti apa, dan harus bagaimana. Itu tanggung jawab ISSI untuk menjelaskan," urai Okto.

Okto berharap dari event ini akan mampu menciptakan bibit atlet MTB Indonesia yang lebih berprestasi.

Baca juga:
2 TIM INDONESIA DIPASTIKAN BERLAGA DI TOUR DE SINGKARAK

Baca juga:
SEBASTIEN LOEB RAJAI RELI SPANYOL

Jalannya Race
Sebelum dimulai, event ini dimulai sesi seeding run khusus bagi peserta kategori Men Pro. Sesi ini ditujukan untuk menentukan posisi start rider pada sesi final run.

Sementara itu, untuk kategori lainnya, para peserta ditetapkan untuk langsung berlomba.

Jalannya race sendiri berjalan ketat dan seru. Lepas dari garis start, setiap rider langsung tancap gas, memacu tunggangannya masing-masing.

Yang menarik, lintasan lomba juga sangat bervariasi dengan adanya gap besar, drop, turunan dan tanjakan panjang, serta rintangan lainnya.

Dari pengamatan SPORTKU, terjadi beberapa aksi saling menyalip diantara rider di lintasan, baik di tanjakan maupun turunan. Seru!

Suasana yang memacu adrenaline juga bisa dirasakan saat menyaksikan sejumlah rider yang melompati sebuah gap besar dan ekstrem. Obstacle ini pula yang menjadi ikon dari Track JPM.

Race ini memang sempat diwarnai dengan adanya peserta yang mengalami crash atau terjatuh dari sepedanya. Tapi, hal itu tak lantas menghentikan jalannya Race. Mereka yang mengalami crash dapat segera ditangani oleh staf medis yang telah bersiap di sekitar lintasan.

Selain race sebagai acara utama, even ini juga dimeriahkan dengan serangkaian acara menarik lainnya. Sebut saja, lomba light downhill, lomba sepeda lambat serta aksi bunny hop (melompat dengan sepeda di ketinggian yang ditentukan).

Lomba tersebut juga menyediakan beragam hadiah menarik, selain frame sepeda senilai Rp13 juta yang menjadi door prize utama dari event ini.

Namun demikian, ada sejumlah kendala dan pelajaran yang bisa dipetik dari event ini. Tapi hal itu bisa terselesaikan dengan baik dan semua pihak menerima keputusan yang ditetapkan.

Para rider melaju di tanjakan
jpm-trail-mtb-race-87022dab0249aa7.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | 29 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Downhill Sulit Masuk Olimpiade

Downhill Sulit Masuk Olimpiade

DOWNHILL
Petualangan Micayla Gatto

Petualangan Micayla Gatto

CROSS COUNTRY
Tim Enduro Pabrikan Pole

Tim Enduro Pabrikan Pole

ENDURO
Rider Baru Tim Orbea

Rider Baru Tim Orbea

ENDURO

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company