image

Gautier Paulin Hengkang dari Husqvarna ke Wilvo Yamaha Untuk MXGP 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : ASC, ASC | Editor: Andi Wahyudi | 29 October 2018

SPORTKU.COM

Yamaha Motor Eropa mengumumkan skuat barunya untuk tim satelit Wilvo Yamaha yang akan berkompetisi di Motocross Grand Prix (MXGP) 2019.

Wilvo Yamaha Official MXGP Team mengumumkan kesepakatan barunya dengan Gautier Paulin. Paulin yang musim 2018 ini membalap untuk tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing akan beralih ke motor balap barunya Yamaha YZ450F bersama rekan setimnya Arnaud Tonus.

Sebagai salah satu pebalap motocross paling berbakat di dunia, Paulin sudah memiliki daftar prestasi luar biasa. Pebalap asal Prancis berusia 28 tahun itu telah memenangkan 11 putaran Grand Prix, tiga di MX2 dan 8 di MXGP, dan telah berdiri di podium 52 kali, 18 kali di MX2 dan 34 di MXGP. Dia telah mengklaim 19 kemenangan, 3 di kelas 250cc (MX2), dan 14 di kelas 450cc di kelas premier MXGP.

Paulin pernah memenangkan Kejuaraan EMX250 pada tahun 2007 dan di tahun yang sama ia membuat debutnya di FIM Motocross World Championship sebagai wildcard di Kelas MX2. Paulin baru turun penuh di MX2 pada tahun 2009 di mana ia memenangkan tiga putaran dan menyelesaikan musim sebagai peraih medali perunggu.

Pada tahun 2011, dia melangkah ke kelas premier yang sebelumnya dikenal sebagai MX1 -sekarang MXGP-. Di mana dia memenangkan putaran pembukaan di Fermo, Italia di atas Yamaha YZ450FM. Dan itu adalah motor yang sama yang dia ambil untuk kemenangan di 2011 Motocross of Nations di Saint Jean d'Angely, Prancis, di mana dia adalah kapten dari 'Home Team'.

Setelah kehilangan beberapa seri di musim balap 2011 karena cedera, Paulin kembali dengan pembalasan pada tahun 2012 di mana ia selesai di posisi 3 klasemen akhir MXGP. Pada tahun 2015, Paulin menyelesaikan musim balapnya sebagai runner-up di Kejuaraan Dunia MXGP.

Di MXGP 2017, Paulin bertengger di posisi 3 klasemen akhir. Namun dirinya melorot ke peringkat 5 di klasemen akhir MXGP 2018. Dia hanya mampu kemas 574 poin bersama Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing. Raihan poin Paulin tertinggal jauh dari Jeffery Herling yang menjadi Juara Dunia MXGP 2018 dengan kemasan 933 poin.

Baca Juga
MBI Bekasi Resmi Dikukuhkan

Selain prestasi individu, Paulin juga mendapat kehormatan mewakili negaranya di Monster Energy Motocross of Nations yang bergengsi pada sembilan kesempatan di mana ia telah memainkan peran penting dalam keberhasilan tim, yang mencakup empat medali emas, pada tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017. Serta finish runner up pada tahun 2009, dan 2011.

"Kami sangat bersemangat untuk memiliki Gautier kembali di Yamaha. Dia selalu menjadi pebalap yang bisa bertarung untuk podium dan dia pasti mampu menantang untuk memenangkan balapan, dan kami melihat beberapa tahun lalu ketika dia bergabung dengan Yamaha dan memenangkan Grand Prix debutnya di YZ450F, yang merupakan pencapaian luar biasa dan sesuatu yang tidak banyak pebalap lakukan," ungkap Erik Eggens, Yamaha Motor Europe MX Racing Manager.

"Kami percaya bahwa dengan dukungan tim Wilvo Yamaha Official MXGP, dia masih dapat mencapai hasil ini, dan ini adalah sesuatu yang kami nantikan. Tim ini sangat termotivasi dan merupakan tim yang telah menunjukkan peningkatan dan stabilitas yang luar biasa selama bertahun-tahun, yang merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh para pebelap seperti Gautier," sambung Erik.

"Saya sangat senang memiliki Gautier bergabung dengan kami untuk musim 2019. Dia adalah pebalap fantastis dan saya yakin bahwa dengan struktur yang tepat dan alat dan dukungan yang kami tawarkan, dia dapat membuatnya kembali ke puncak Kejuaraan Dunia MXGP. Juga bersama dengan rekan setimnya Arnaud Tonus, saya yakin bahwa kedua pebalap hebat ini akan membuat satu sama lain lebih baik dan membawa hasil yang kami cari," pungkas Louis Vosters, Wilvo Yamaha Official MXGP Team Owner.

Baca Juga
Sirkuit Losail, Qatar Kembali Bermasalah
Jeremy Seewer Jadi Partner Baru Romain Febvre di MXGP 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : ASC, ASC | Editor: Andi Wahyudi | 29 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company