image Jakarta International Velodrome Jakarta International Velodrome Sirkuit BMX di Jakarta yang telah berstandar internasional

Indonesia Bersiap Jadi Pusat Pelatihan Satelit UCI

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono, Sonny Hastara | 31 October 2018

uploads/news/2018/10/indonesia-jadi-pusat-pelatihan-61176e37481c8cd.JPG

Indonesia Jadi Pusat Pelatihan UCI

velodrome-rawamangun-riyo--47688ab17200087
velodrome-rawamangun-riyo--460619f8b353019
bmx-cross-asian-game-2592087c90a8cdc
SPORTKU.COM

Indonesia saat ini tengah menyiapkan diri untuk menjadi pusat pelatihan olahraga balap sepeda satelit Union Cycliste Internationale (UCI).

Hal itu disampaikan Toto Sugito di sela-sela acara JPM Trail MTB Race di Tangerang Selatan, Minggu lalu.

Toto, yang menjadi delegasi PB ISSI dalam pertemuan federasi balap sepeda negara-negara di dunia, di Innsbruck, Austria, September lalu, menyampaikan bahwa Indonesia telah masuk dalam daftar negara yang akan menjadi pusat pelatihan satelit UCI.

Toto menjelaskan, isu utama dalam pertemuan tersebut adalah tentang Solidarity Olympic atau bagaimana negara-negara maju untuk mendukung negara berkembang, seperti Indonesia.

“Alhamdullilah kita sudah “dilihat” ya oleh federasi dunia dan karena kita sudah punya velodrom kelas dunia, (sirkuit) BMX kelas dunia, maka kita propose supaya bisa jadi (pusat pelatihan) satelite UCI. Dan kelihatannya akan disetujuin karena waktu direktur World Champ-nya presentasi, Jakarta sudah di plot tuh. Haduh, saya bersyukur sekali. Jadi, insyaallah, (Indonesia) jadi satelite UCI, untuk (disiplin) BMX sama Track,” jelas Toto.

Baca juga:
GALERI FOTO: MELIBAS TRACK JPM, MENJADI YANG TERCEPAT

Baca juga:
TIM DOWNHILL TERBAIK MUSIM 2018

Namun demikian, Indonesia masih harus menunggu keputusan resmi dari UCI dan untuk itu, PB ISSI akan proaktif untuk menindaklanjuti hal itu.

Bila Indonesia telah ditetapkan sebagai pusat pelatihan satelit UCI, hal itu tentunya bisa menjadi modal untuk meningkatkan prestasi balap sepeda Indonesia dikancah internasional sekaligus memudahkan para atlet Indonesia yang ingin berlatih dari instruktur kelas dunia.

Sejauh ini, UCI telah memiliki sejumlah pusat pelatihan satelit di beberapa negara, dan untuk kawasan Asia, baru terdapat di India.

Hasil lain yang diperoleh dari pertemuan tingkat dunia tersebut adalah upaya kerjasama antara Indonesia dengan negara lain. Menurut Toto, ada sejumlah negara yang ingin bekerjasama dengan Indonesia dan salah satu yang paling bersemangat adalah Kanada.

“Ada beberapa negara yang ingin kerja sama dengan kita, antara lain Kanada. Kanada ingin ngajak latihan bareng supaya atlet kita jadi kelas dunia,” jelas Toto.

Hanya saja, kerjasama dengan Kanada tersebut memang belum bisa dipastikan secara rinci dan masih akan dikoordinasikan dengan ketua umum PB ISSI.

Sirkuit BMX di Jakarta yang telah berstandar internasional

bmx-cross-asian-game-2592087c90a8cdc.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono, Sonny Hastara | 31 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Seandainya Yudhistira Berseragam Honda

Seandainya Yudhistira Berseragam Honda

HOT ISSUE
Memprediksi Karier Balap Rafid Topan

Memprediksi Karier Balap Rafid Topan

HOT ISSUE
PB ISSI Gandeng BPJS

PB ISSI Gandeng BPJS

HOT ISSUE
Produk Olahraga Nasional Go International

Produk Olahraga Nasional Go International

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company