image

Menelisik Tentang Makna Trek Hafalan Speed Offroad

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 31 October 2018

uploads/news/2018/10/benarkah-trek-speed-offroad-256983ec940da8e.jpg

Benarkah Trek Speed Offroad Hafalan?

kejurnas-speed-offroad-v3-43444274de9ceb6
kejurnas-speed-offroad-v3-82821f75ad537f4
kejurnas-speed-offroad-v3-598214be0b0dc1f
SPORTKU.COM

Speed offroad memang tidak memiliki banyak sirkuit. Istilah trek hafalan pun disematkan. Namun, Hade Mboi tidak setuju atas anggapan tersebut!

Secara harfiah, hafal itu berarti mampu mengingat sesuatu di luar kepala tanpa harus melihat bantuan. Belakangan, lintasan speed offroad yang memang biasanya diselenggarakan di tempat yang itu-itu saja, sering disebut sebagai trek hafalan. Kendati demikian, co-driver senior Hade Mboi, tidak setuju dengan istilah tersebut. Menurutnya ada pengertian yang berbeda dengan istilah tersebut.

"Enggak, saya tidak setuju. Karena hafal yang dimaksud adalah hafal dengan lay outnya, bukan kondisi lintasannya," buka Hade kepada SPORTKU. Bagi co-driver yang kini menemani Yusdar Umar di dalam mobil tubular, balapan offroad bukan hanya sekedar menghafal lay out lintasan, tetapi ada variabel lain yang juga harus diperhatikan saat balapan berlangsung.

Baca juga:
COBA-COBA JADI JUARA NASIONAL

"Tapi olahraga offroad variabelnya tidak hanya di lay out, tapi juga bermasalah dengan kondisi trek. Semalem hujan, semalem kering, sekarang panas, tadi pagi panas, nanti sore hujan, itu bukan menjadi sesuatu patokan, akan selalu ada kejutan. Kita start pertama dan start ke-120, kondisi treknya belum tentu sama," jelas co-driver yang pernah mencicipi ajang PWRC bersama Subhan Aksa kala itu.

Bagi Hade, istilah tersebut memang seharusnya ditujukan untuk lay out saja, bukan kondisi lintasan. Lebih detail lagi, Hade Mboi menjelaskan di setiap special stage akan memiliki tantangan yang berbeda-beda. Karena akan banyak kemungkinan yang terjadi saat balapan berlangsung.

"Karena challenge akan beda terus, kasarnya kalau kita bilang bahwa hari ini kondisi trek seperti ini, oke secara lay out garis besarnya tidak akan berbeda. Tapi begitu katakanlah ada mobil yang bermasalah, entah itu oli tercecer, atau dia terlalu keluar dan menyebabkan trek menjadi kotor. Mereka akan bertemu dengan kondisi trek yang berbeda. Jadi menurut saya, saya tidak setuju dengan anggapan itu," beber Hade Mboi.

Dengan kata lain, untuk desain lintasan memang tidak akan berubah secara total, akan tetapi, yang digarisbawahi oleh Hade Mboi adalah kondisi lintasan. Jika lay out bisa dihafal, maka kondisi trek belum tentu bisa dihafal dengan segala kemungkinannya.

Baca juga:
SENSASI BALAP DENGAN MOBIL TUBULAR

Aksi peserta Kejurnas Speedoffroad

kejurnas-speed-offroad-v3-82821f75ad537f4.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 31 October 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company