image Vortex suit (Foto: Reuters) Speed gel (Foto:Yuzuru-Sunada) Drag2Zero speed suit (Foto: Cyclingnews) Body Paint 4.2b Speedsuit (Foto: Cycling Weekly) Bioracer speed suits (Foto: Gettyimages)

“Suplemen” Penambah Kecepatan di Kalangan Atlet Profesional

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 2 November 2018

uploads/news/2018/11/-suplemen-penambah-kecepatan-12740627777deac.jpg

“Suplemen” Penambah Kecepatan

elemen-penambah-kecepatan-di-67613c79dd66f95
elemen-penambah-kecepatan-di-7044718e834adfd
elemen-penambah-kecepatan-di-82995ca5da18ae6
elemen-penambah-kecepatan-di-307638df2b2c078
elemen-penambah-kecepatan-di-233996bd6f99660

Drag2Zero speed suit
Jersey khusus ini dibuat oleh produsen jersey asal Wales, Endura. Drag2Zero speed suit memiliki fitur bahan bertekstur di bagian lengan untuk meningkatkan aerodinamika bagi pebalap saat berlomba di nomor TT (time trial).

Drag2Zero speed suit telah dikenakan oleh Movistar Team, tim WorldTour yang juga didukung oleh Endura.

Bioracer speed suits
Diproduksi oleh pabrikan asal Belgia, speed suit ini mendominasi ajang Kejuaraan Dunia Time Trial tahun ini di Austria, dengan banyaknya atlet yang mengenakan pakaian ini.

Jersey ini dilengkapi fitur bergaris di bagian lengan yang ditujukan untuk menghasilkan efek aerodinamika yang diinginkan, seperti halnya pada jersey Castelli dan Endura.

Panel bahan yang terdapat pada speed suit ini terbuat dari kombinasi dua jenis bahan yang berbeda dan dicetak sesuai dengan kontur tubuh. Kain utamanya telah dimodifikasi yang diklaim mampu meningkatkan aerodinamika, dibandingkan kain Lycra biasa. Pada bagian kakinya terdapat rajutan dan direkatkan dengan ritsleting di bagian belakang.

Bioracer mengklaim, material khusus yang digunakan pada speed suit-nya telah sesuai dengan regulasi UCI.

Speed Gel
Digunakan oleh para pebalap tim Lotto Soudal pada ajang balap Critérium du Dauphiné tahun ini, jel yang dioleskan pada kaki pebalap ini tampak seperti bola-bola putih yang berukuran mini.

Namun penggunaan jel ini sempat memicu protes dari beberapa tim WorldTour. Pasalnya, jel ini dianggap sebagai elemen tambahan yang dilarang oleh UCI.

Menurut dokter tim Lotto Soudal, jel spesial itu dirancang untuk memperbaiki aerodinamika pebalapnya. Jel tersebut juga dikatakan mampu mengurangi hambatan udara serta menambah keyakinan para pebalap untuk menjadi juara.

Akan tetapi jajaran suplemen kecepatan yang disebutkan di atas, kemungkinan tidak akan muncul pada musim 2019, seiring dengan telah diterbitkannya aturan baru oleh UCI, yang juga mencakup tenntang speed suit dan hal lainnya.

Vortex suit yang digunakan Chris Froome dan pebalap team sky lainnya (Foto: Reuters)

elemen-penambah-kecepatan-di-67613c79dd66f95.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 2 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company