image

3 Pebalap Indonesia di Asia Talent Cup (ATC) 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | Editor: Andi Wahyudi | 7 November 2018

SPORTKU.COM

Sirkuit Sepang, Malaysia menjadi lokasi penentu dalam tes pemilihan pebalap untuk kompetisi Asia Talent Cup (ATC) 2019 mendatang.

Asia Talent Cup didirikan pada tahun 2013 dan menjalani musim perdana di 2014. Setelah tiga musim menjalani kontrak dengan Shell Advance, mulai musim 2017 Idemitsu menjadi sponsor utama Asia Talent Cup. Mantan pebalap motor Grand Prix (GP) sekaligus mantan manajer Dani Pedrosa, Alberto Puig didaulat sebagai Direktur ATC.

Ajang balap ini memakai sistem one make bike, sehingga semua pebalap menggunakan motor yang sama, yakni Honda NSF250R. Pada setiap musimnya, para pebalap ATC berasal dari berbagai negara di kawasan Asia seperti Cina, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Thailand, Qatar, dan Singapura juga Australia maupun Selandia Baru.

Pada setiap tahunnya, ratusan pebalap ikut mendaftarkan diri. Seperti pada tahun 2018, panitia menerma lebih dari 450 pebalap di kawasan Asia dan Oceania yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi ATC 2019. Mereka berharap bisa terpilih dan ikut bergabung di grid ATC 2019 mendatang.

Namun tak mudah untuk bisa terpilih. Selama proses seleksi, banyak tahapan yang harus mereka lalui. Setelah dilakukan analisis menyeluruh dan peninjauan, panitia menyaring lebih dari 450 pebalap menjadi hanya 117 nama. Sebanyak 117 pebalap masih haus menjalani proses lanjutan.

Baca Juga
Tugas Berat Menanti Jonas Folger di Saat Yamaha Terpuruk

Seleksi tahap akhir dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia. Komite Seleksi membuat keputusan akhir mereka. Panitia memilih pebalap dari Australia, Malaysia, Indonesia dan Jepang untuk bergabung dengan grid ATC 2019. Ada juga pebalap yang berada di daftar cadangan.

Sementara itu, sebanyak 8 pebalap akan bersaing di grid ATC 2019. Adapun pebalap binaan AHM yang berhasil lolos untuk mengikuti ATC 2019 yaitu, Herjun Atna Firdaus, Abdul Gofar Mutaqim dan Muhammad Hildan Kusuma yang saat ini masih mengikuti kejuaraan balap Thailand Talent Cup.

"Saya pikir kami sudah memilih pebalap yang lebih cepat hari ini, dan pebalap cadangan. Ini adalah pertama kalinya kami berada dalam kondisi hujan selama proses seleksi di Sepang. Tapi kami melakukannya dan kami senang, kami memiliki beberapa pebalap muda dari berbagai negara. Juga penting bahwa tidak ada yang terluka meskipun kami mengalami beberapa crash, semua pebalap baik-baik saja. Jadi untuk satu edisi lagi, pekerjaan selesai," ungkap Puig.

"Kami selalu mencoba dan menemukan pebalap muda karena mereka selalu memiliki lebih banyak potensi untuk belajar dan tumbuh. Kami harap kami memiliki beberapa potensi yang dipilih di sini. Mereka mengerti mereka memiliki peluang penting tetapi pada awalnya akan sulit bagi mereka, itu dirasakan semua pebalap yang datang untuk balapan di sini. Tapi seperti biasanya, orang-orang yang paling kuat dan memiliki gairah paling banyak akan berhasil di jalan ini," tegas Puig.

SELECTED      
 START N. RIDER NAME  NAT GENDER AGE
18 MUHAMMAD IDIL FITRI BIN MAHADI MAL M 15
20 MUHAMMAD SYARIFUDDIN BIN AZMAN MAL M 16
39 HERJUN ATNA FIRDAUS INA M 14
41 ABDUL GOFAR MUTAQIM INA M 14
57 JACOB JOHN ROULSTONE AUS M 13
62 HARRISON SAMUEL VOIGHT AUS M 12
81 RYOSUKE BANDO JPN M 15
91 REI WAKAMATSU  JPN M 12
  RESERVE      
27 MUHAMMAD AIMAN BIN AZMAN MAL M 18
40 MUHAMMAD HILDHAN KUSUMA  INA M 16
56  LUKE POWER AUS M 13
76 SHOTA KIUCHI  JPN M 15
113 KADIR ERBAY  TUR M 12

Baca Juga
Lisensi Balap Fenati Dibekukan FIM, Rossi Malah Beri Pujian
10 Sirkuit Terbanyak Gelar MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | Editor: Andi Wahyudi | 7 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company