image

Depak Melandri, Bautista Tinggalkan MotoGP ke WSBK

Text : Suhartono | Photo / Video : IMotorbike | Editor: Andi Wahyudi | 8 November 2018

SPORTKU.COM

Setelah 16 tahun malang melintang di Grand Prix (GP) sepeda motor, Alvaro Bautista akan hengkang ke World Superbike (WSBK) 2019.

Musim balap 2019 akan menjadi momen baru bagi Bautista. Pebalap asal Spanyol itu memastikan diri untuk pindah haluan ke WSBK. Bautista akan menjadi pebalap baru di tim pabrik Ducati. Saat ini, tim balap asal Italia itu melibatkan peran Chaz Davies dan Marco Melandri.

Bautista memulai karier balapnya sejak tahun 2002 silam di GP125 bersama Aprilia. Pada tahun tersebut dia hanya turun di 3 seri balapan (Spanyol, Catalunya, Valencia). Baru di tahun berikutnya dia membalap secara penuh. Tahun 2006 menjadi musim terbaik dengan keluar sebagai Juara Dunia GP125.

Hasil tersebut membawa Bautista ke Kelas GP250 di tahun 2007 hingga 2009. Hingga akhirnya di tahun 2010, Bautista naik ke kelas paling bergengsi di MotoGP bersama Suzuki. Namun dia meraih podium pertamanya bersama Honda di MotoGP San Marino 2012 dengan finish ke-3.

Pada seri lainnya di MotoGP Jepang 2012, Bautista juga berhasil finish ke-3. Bersama Honda di MotoGP Prancis 2014, Bautista juga finish ke-3. Lalu MotoGP 2015 dan 2016 dia hengkang ke Aprilia. Sebelum akhirnya di MotoGP 2017 mendarat di Ducati. Sepanjang kariernya di GP, Bautista sudah meraih 49 podium, termasuk 3 kali podium 3 kelas premier dan 16 kemenangan di GP125 dan GP250.

Baca Juga
Monster Energy Perpanjang Kontrak dengan MXGP

"Bagi saya musim depan akan menjadi tantangan baru karena saya akan pindah dari kejuaraan ini setelah 16 tahun dan saya akan pindah ke World Superbike dengan tim resmi Aruba Ducati. Saya sangat termotivasi, itu tantangan baru bagi saya," ungkap Bautista.

"Saya rasa kepercayaan yang diberikan Ducati kepada saya sangat bagus dan bersama-sama kami sangat kuat. Saya pikir kami bisa mendapatkan hasil yang bagus di sana dan bersenang-senang, itu adalah kejuaraan yang berkembang, jadi saya menantikan tantangan baru ini dan saya juga akan mencoba menikmati balapan terakhir saya di Kejuaraan MotoGP," pungkasnya.

Di WSBK 2018 sendiri, Ducati hanya bisa bertengger di peringkat runner up klasemen akhir. Davies yang menjadi andalan utama Ducati hanya kemas 356 poin. Tertinggal jauh dari Jonathan Rea, pebalap Kawasaki yang kantongi 545 poin. Sedangkan Melandri menduduki posisi 5 dengan 297 poin. Sementara itu, Davies dan Bautista akan dibekali mesin baru Ducati Paniagle V4 R.

 Aksi Alvaro Bautista (19) saat menggantikan Jorge Lorenzo di MotoGP Jepang 2018
depak-melandri-bautista-tinggakan-9265638db33cf86.jpg

Baca Juga
Perbasi Dukung Kompetisi Basket 3x3 Antar SD Se-DKI Jakarta
MotoGP Lombok, Masihkah Sekadar Wacana?

Text : Suhartono | Photo / Video : IMotorbike | Editor: Andi Wahyudi | 8 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company