image

Ligue 1 Yang Membosankan

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 November 2018

SPORTKU.COM

Dominasi Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1 saat ini memang membuat kompetisi sepak bola tertinggi di Prancis tersebut terlihat membosankan. 

Alasan di atas cukup beralasan mengingat PSG menjadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang selalu meraih kemenangan. Ya, dari 12 pertandingan awal, PSG sanggup memenangi semuanya. 

Sebuah catatan fantastis pun dicapai anak asuh Thomas Tuchel dengan mencetak 41 gol dan hanya kebobolan tujuh gol saja. Perbedaan poin di klasemen pun terlihat sangat jauh sekali karena kini PSG unggul 12 poin dari urutan kedua yang ditempati Montpellier. 

Hal tersebut pula yang mendasari anggapan kalau PSG sudah pasti menjadi juara di musim ini, meski liga baru berjalan 12 pekan. Memang tidak ada salahnya berpikir demikian jika performa PSG terus menerus stabil seperti sekarang. Mungkin, hanya sebuah keajaiban yang bisa membuat PSG gagal menjadi jawara di akhir musim. 

Terlalu timpangnya persaingan di Ligue 1 juga tidak bisa lepas dari kekuatan finansial yang tidak terbatas dari PSG. Bayangkan saja, skuat PSG saat ini punya skuat termahal kedua di dunia, di belakang Manchester City. 

Jika ditotal, seluruh skuat PSG punya nilai jual hingga 805 juta euro atau setara Rp13,5 triliun. Mungkin jumlah ini tidak ada setengahnya dari para kontestan lain di Ligue 1. 

Berisikan materi pemain seperti Neymar, Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Thiago Silva, serta Marco Verratti, tidak heran PSG sukses mendominasi Ligue 1. Tercatat, dalam enam tahun terakhir, hanya AS Monaco yang bisa mematahkan dominasi mereka. 

Hal tersebut terjadi di musim 2016/2017 lalu, secara luar biasa Monaco keluar sebagai juara mengalahkan Les Parisiens. Namun, keajaiban itu hanya terjadi semusim saja, karena di musim berikutnya, bintang andalan Monaco, yakni Mbappe langsung dibajak oleh PSG dengan iming-iming uang besar dan trofi pastinya. 

"Saya tidak menyukai Ligue 1. Saya merasa tidak termotivasi lagi bermain di sana. Itu hal sebenarnya, saya melihat PSG terlalu kuat dibandingkan tim lain. Saya juga tidak merasakan tekanan dalam sebuah pertandingan," ungkap Ezequiel Lavezzi kepada L'Equipe saat hengkang ke Cina Februari 2016.

Dominasi di Ligue 1 Sudah Ada Sejak Lama

Lyon sempat merajai Ligue 1 selama tujuh musim beruntun

psg-ligue-1-600438ab1e58487.jpg

Sebenarnya, jika ditarik ke belakang, dominasi PSG belum ada apa-apa jika dibandingkan dengan Olympique Lyonnais di era 2000-an. Kala itu, Olympique Lyonnais secara perkasa menjuarai liga tujuh musim beruntun. Diperkuat Juninho Pernambucano, Karim Benzema, Fred, Eric Abidal, dan Michael Essien adalah nama-nama yang pernah menghiasi skuat juara Lyon. 

Kala itu, Lyon menjadi raja di Prancis. Akan tetapi, semuanya berubah ketika pengusaha raksasa Qatar, Nasser Al-Khelaifi datang mengakuisisi PSG. Deretan pemain mahal yang didatangkan langsung menyulap PSG menjadi tim yang sangat dominan sampai sekarang. 

Namun, hal ini tentu menjadi masalah serius yang harus diperhatikan oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) demi kelangsungan kompetisi mereka. Karena jika tidak, akan sangat berbahaya pastinya, liga hanya didominasi satu tim. 

Selain rasa jenuh dari penggemar sepak bola di sana, tidak adanya keseimbangan membuat Ligue 1 bisa saja sepi penggemar. Bagaimana bisa, kita harus antusias menyaksikan Ligue 1 jika memasuki pekan ke-12 saja, jarak antara pemuncak klasemen dan tim di bawahnya sangat jauh. 

Jadi, sekarang mari kita berharap tim lain di Ligue 1 bisa memberikan setidaknya perlawanan kepada PSG agar tidak terlalu mudah untuk menjadi juara. 

PSG menjadi raja di Prancis sejak kedatangan Nasser Al-Khelaifi 

psg-ligue-1-52024995632227a.jpg

Baca Juga:
Timnas Indonesia Terapkan Aturan Ketat Selama Piala AFF 2018

Baca Juga:
Hamilton Tidak Akan Memberi Kemenangan Untuk Bottas

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company