image Penampilan Jonathan Rea lebih baik dari Tom Sykes Jonathan Rea (kiri) dan Tom Sykes

Afiliasi Kawasaki dengan Jonathan Rea Perburuk Citra Tom Sykes

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 November 2018

uploads/news/2018/11/jonathan-rea-perburuk-citra-44016728c5f3197.jpg

Jonathan Rea Perburuk Citra Sykes

afiliasi-kawasaki-dengan-jonathan-7443339b6a00b70
afiliasi-kawasaki-dengan-jonathan-14968869996710c
SPORTKU.COM

Selama bertahun-tahun dan ratusan kali balapan, Tom Sykes dan Kawasaki Racing Team (KRT) telah mencapai tujuan akhir mereka bersama.

Babak final World Superbike (WSBK) 2018 di Sirkuit Losail, Qatar menjadi yang terakhir kalinya untuk Tom Sykes balapan di atas mesin balap Kawasaki ZX-10RR. Kemitraan ikonik Sykes dan Kawasaki pecah. Kini keduanya telah memutuskan untuk memilih jalannya masing-masing.

Sykes bergabung dengan Kawasaki pada tahun 2010 dan dengan cepat membangun ikatan yang kuat dengan pabrikan Jepang itu. Dua tahun pertamanya dihabiskan untuk belajar dan membantu mengembangkan motor menjadi pemenang kejuaraan seperti sekarang ini.

Sykes mulai menemukan jati dirinya bersama Kawasaki pada tahun 2012: empat kemenangan dan sembilan kali podium melambungkan nama pebalap asal Yorkshireman, Inggris ke posisi kedua klasemen akhir dengan 357,5 poin. Sykes kehilangan gelar juara dunia dengan selisih hanya setengah poin. Dia kalah dari Max Biaggi yang geber Aprilia dengan 358 poin.

Kawasaki ZX-10RR pun lambat laun mulai jinak di tangan Sykes. Berbagai torehan prestasi terus diberikan Sykes untuk Kawasaki. Tahun 2013 menjadi tahun terbaik Sykes yang berhasil meraih gelar Juara Dunia WSBK. Sykes menjadi pebalap Kawasaki pertama yang memenangkan Kejuaraan Dunia sejak Scott Russell pada tahun 1993.

Sejak saat itu, pebalap kelahiran 19 Agustus 1985 itu terus membuat nama Kawasaki di jajaran pabrikan top dunia dalam kontes balap internasional. Meski di musim-musim berikutnya, Sykes tak bisa mempertahankan eksistensinya di kotak pebalap top.

Sampai saat ini, Sykes telah mengambil dua tempat runner-up (2014 dan 2016) dan total 34 kemenangan, 107 podium dan 48 posisi pole. Salah satu dari beberapa hal yang belum pernah dilakukan Sykes dengan Kawasaki adalah memenangkan perlombaan di Losail International Circuit, yang menjadi pertemuan terakhir mereka bersama pada 27-28 Oktober lalu.

Baca Juga
Bandingkan Prestasi Doni Tata vs Rafid Topan di Moto2

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Hasil Seri 5 Kejurnas IRS

Hasil Seri 5 Kejurnas IRS

INDOSPEED
Trial Game Asphalt Tampil Bergengsi

Trial Game Asphalt Tampil Bergengsi

SUPERMOTO
Kemenangan Perdana Wawan Wello

Kemenangan Perdana Wawan Wello

INDOSPEED
Fitriansyah Kete Sempurnakan Kemenangan

Fitriansyah Kete Sempurnakan Kemenangan

INDOSPEED

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company