image Muhammad Zulfahmi Khairudin, mantan pebalap Moto2 asal Malaysia Aksi Anthony West saat balapan Moto2 bersama QMMF Racing Anthony West, mantan pebalap Moto2 asal Australia

Pebalap Dunia Kritik Sirkuit Sentul

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 11 November 2018

uploads/news/2018/11/pebalap-dunia-kritik-sirkuit-354611e7bd708fa.jpg

Pebalap Dunia Kritik Sirkuit Sentul

pebalap-dunia-kritik-sirkuit-19794dab78d5cf4
pebalap-dunia-kritik-sirkuit-47354f84317c5dc
pebalap-dunia-kritik-sirkuit-86820d70af32b14
SPORTKU.COM

Sirkuit Sentul atau dalam dunia balap juga dikenal Sentul International Circuit berlokasi Bogor, Jawa Barat kini kondisinya memprihatinkan.

Indonesia menjadi negara kedua di Asia setelah Jepang dalam usahanya membangun sebuah sirkuit bertaraf internasional. Sirkuit yang dalam pembanguan awalnya bertujuan untuk menggelar Formula One (F1) di Indonesia tersebut lahir sekitar hampir 25 tahun yang lalu.

Hutomo Mandala Putra atau akrab disapa Tommy Soeharto -putra presiden kedua Republik Indonesia H.M. Soeharto- mempelopori pembangunan Sirkuit Sentul. Dengan akses yang dimiliki, sebagai anak orang nomor satu di negeri ini, Tommy Soeharto memang dengan mudah mewujudkan mimpinya kala itu.

Dengan panjang 4,12 kilometer, Sirkuit Sentul diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara F1, hingga akhirnya pada tahun 1997 krisis moneter di Asia menyebabkan hal tersebut menjadi tidak mungkin dilaksanakan.

Rampung pada tahun 1994, fasilitas yang ada di Sirkuit Sentul kini telah tertinggal oleh perkembangan jaman. Hal itu menyebabkan Sirkuit Sentul tidak cocok lagi untuk menyelenggarakan ajang yang super cepat sekelas F1 atau MotoGP yang di Indonesia memiliki banyak penggemar hingga jutaan orang.

Baca Juga
Mengenal Somkiat Chantra, Rekan Duet Dimas Ekky di Moto2

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 11 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company