image

Man. City vs Man. United, Derbi Beda Kasta

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | 11 November 2018

SPORTKU.COM

Derbi rival sekota akan tersaji di pekan ke-12 Premier League saat Manchester City menjamu Manchester United pada Minggu (11/11).

Kota Manchester memang sangat identik dengan warna kebesaran merah khas Man. United dalam beberapa dekade terakhir. Tetapi, hal itu sudah tak terjadi lagi sejak sang tetangga dimiliki oleh Shekh Mansour sejak 2008 silam.

Dengan kekuatan finansial yang tidak terbatas, City menjelma menjadi sebuah kekuatan menakutkan di tanah Britania Raya atau bahkan dataran Eropa. Para penggemar United juga tidak bisa sembarangan meledek City karena pada faktanya, prestasi The Citizen lebih baik dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Tentu saja masih lekat di ingatan kala skuat Biru Langit dengan sadis menghancurkan United di Old Trafford pada musim 2011 silam. Kala itu, City yang diasuh Roberto Mancini menghancurkan United dengan skor telak 1-6.

Sebuah kekalahan yang sangat menyakitkan buat penggemar United pastinya. Bagaimana bisa, tetangga yang dahulu tidak dianggap menjadi sebuah rival yang sangat menakutkan saat ini.

Bagaimana untuk saat ini? Sebenarnya situasinya belum berubah, meski United sudah jauh lebih baik karena sanggup memberikan perlawanan sengit.

Bisa dilihat dari catatan dua musim terakhir, terutama sejak Pep Guardiola dan Jose Mourinho datang ke masing-masing tim. Di musim lalu, keduanya juga bisa saling mengalahkan. Uniknya, hal tersebut justru terjadi di kandang lawan, United berhasil mempermalukan City di kandangnya sendiri pada April 2018 lalu.

Pertemuan terakhir kedua tim dimenangi Man. United dengan skor 3-2 April 2018

city-vs-mu-94103377f7a809c.jpg

City juga bisa mengalahkan United di Old Trafford pada Desember 2017. Sebuah hasil yang sangat berimbang sebenarnya.

Jika ditarik dalam dua musim terakhir juga City tidak terlalu superior kala bertemu United. Di era Pep Guardiola, City berhasil menang dua kali, berbanding United yang meraih tiga kemenangan dan satu laga lainnya berujung imbang.

Tentu fakta ini membuat penggemar City patut khawatir, karena United merupakan lawan yang sangat tangguh, terutama jika bermain di Etihad.

Memang pada kenyataannya di musim ini, City sangat superior karena belum sekalipun menelan kekalahan dari 11 laga yang sudah dijalani. Alhasil, mereka untuk sementara memimpin klasemen dengan perolehan 29 poin.

Terpaut sangat jauh jika dibandingkan dengan United yang hanya duduk di urutan delapan dengan selisih sembilan angka. Di sini, boleh dikatakan duel beda kasta jika melihat klasemen sementara.

Apalagi, City merupakan tim paling rajin membobol gawang lawan dengan torehan 33 gol dan hanya kemasukan empat gol saja. Sementara United baru memasukkan 19 gol dan sudah kemasukan 18 gol, catatan yang sangat ironis bagi klub sebesar The Red Devils tentunya.

Akan tetapi, sekali lagi, ini merupakan laga derbi di mana semuanya sangat mungkin terjadi. Perbedaan sembilan angka bukanlah acuan jika membicarakan pertandingan rival sekota.

Jika United mampu menampilkan performa heroik layaknya musim lalu, bukan tidak mungkin Etihad menjadi kuburan bagi tuan rumah. Begitu pula sebaliknya, jika City dalam bentuk terbaiknya, rasanya tiga poin tidak akan sulit didapat.

Jadi, siapa yang akan berpesta di derbi Manchester kali ini? Kita tunggu jawabannya bersama.

Man. City vs Man. United

city-vs-mu-94646ce64f4a23d.jpg

Baca Juga:
Persiapan Pemain Asing Sambut IBL 2018/2019

Baca Juga:
Shaun Simpson Digaet RFX KTM Team Untuk MXGP 2019

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | 11 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company