image

Uji Ketahanan, BLITS Siap Mengarungi Nusantara

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 12 November 2018

uploads/news/2018/11/blits-siap-mengarungi-nusantara-432212da9ad9620.jpeg

BLITS Siap Mengarungi Nusantara

blits-36212d6c24fa045
blits-578681a147fb9ab
SPORTKU.COM

Sebagai salah satu langkah untuk uji ketahanan, mobil rally dakar pertama Indonesia, BLITS, siap mengarungi gugusan Nusantara.

Sebelumnya, BLITS ini sudah dijadwalkan untuk melakukan perjalanan pertamanya dari Sabang sampai Marauke. Awalnya, rencana dari perjalanan ini akan finish pada 17 Agustus lalu, namun karena masih ada beberapa kendala pada mobil, akhirnya tim ini memutuskan untuk menunda perjalanan tersebut. Kendati demikian, uji ketahanan tersebut tetap dilakukan, namun dengan pola yang berbeda dari awalnya.

"Hari Rabu (14/11) kita akan memulai perjalanan menuju Pulau Sumatera. Kami menargetkan waktu dua minggu sampai ke Banda Aceh. Dari sana, kita lanjut ke Pulau Kalimantan bagian bawah, setelahnya kita akan melompat menuju beberapa wilayah di Pulau Sulawesi. Kemudian menuju ke Maluku, dilanjut ke Papua, Nusa Tenggara, Lombok, Bali dan terakhir di Surabaya," ujar Dr. Muh. Nur Yuniarto ST, Direktur PUI-SKO ITS.

Baca juga:
KISAH INSPIRATIF DAVID JACOBS

Secara keseluruhan, BLITS akan memakan jarak kurang lebih 15.000 kilometer. Jumlah tersebut merupakan jarak terjauh yang ditetapkan oleh tim, meskipun jarak pada balapan rally dakar nantinya tidak mencapai angka tersebut, namun dalam pengujian ini memang sangat dibutuhkan untuk mengecek mengenai data yang ada pada mobil.

"Ya akhirnya, suka atau tidak suka, mobil dakar BLITS ini harus melewati jarak 15.000 kilometer dulu, baru selesai. Tapi setelah rampung, kita juga akan terus melakukan test drive lagi di beberapa wilayah, seperti Maroko dan Australia. Nah itu salah satu harus ikut dulu, jadi jangan sampai gagal lagi," tambah Kasih Anggoro, Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti.

Dalam kegiatan Explore Indonesia tersebut, akan ada sekitar 16 orang yang berpartisipasi. 10 orang dari tim ITS dan ditambah 6 orang dari Universitas Budi Luhur. Bukan hanya kendaraan rally dakar saja yang diberangkatkan, tetapi akan ada dua kendaraan lagi yang akan ikut serta, yakni kendaraan hybrid KAUSARI dan Ford Ranger Bio Fuel yang akan menjadi service car.

Baca juga:
SLALOM DENGAN ELECTRIC PARKING BRAKE

blits-36212d6c24fa045.jpeg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 12 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company