image

Jaguar Permak Model F-Type Jadi Mobil Rally

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Autocar.co.uk | 12 November 2018

uploads/news/2018/11/bentuk-baru-jaguar-f-type-400619c708cfd17.jpg

Bentuk Baru Jaguar F-Type Rally

jaguar-f-type-rally-369529b6ba419c6
jaguar-f-type-rally-14773ec4965d205
jaguar-f-type-rally-8413425b5fddc9d
SPORTKU.COM

Pernah berimajinasi untuk menjadikan mobil seharga Rp 2,9 Milyar sebagai mobil reli?

Produsen otomotif asal Inggris, Jaguar, akhirnya merelakan satu unit F-Type terbarunya untuk dijadikan sebagai mobil reli. Hasil karya tersebut bukan semata-mata untuk menggambarkan mereka ingin terjun ke dunia reli, tetapi sebagai salah satu mahakarya untuk mengenang kembali kejayaan Jaguan di ajang reli. Sebelum ini, tepatnya tahun 1950, Jaguar XK120 pernah menjadi pacuan reli yang dikemudikan oleh Ian Appleyard.

Saat itu, ia berhasil memenangkan beberapa reli seperti RAC Rally dan Alpine Rally, yang merupakan ajang reli prestisius. Tepat tahun ini, Jaguar pun merayakan hari jadi XK120 yang ke-70 dengan kembali membangun mobil reli dengan bermodalkan F-Type terbaru. Ada banyak perubahan yang dibenamkan pada mobil berkapasitas dua orang ini.

Baca juga:
MOBIL RALLY DAKAR INDONESIA DILUNCURKAN

Dikutip dari autocar.co.uk, salah satu resep mengubah mobil kaum elite ini menjadi mobil reli adalah dengan mengadopsi suspensi yang kompetitif. Disebutkan dari laman tersebut, dengan pengadopsian spring suspensi baru, tinggi mobil pun bertambah sekitar 40 mm, dan dipersenjatai dengan ban berukuran 16 inch yang dibungkus dengan ban reli.

Bukan hanya itu, sektor lainnya yang juga turut diperbaharui adalah rem kompetisi, carbon fiber door skins, kursi racing dan harness, interkom, rem tangan hidrolik serta penambahan peranti berupa lampu depan yang memang mencirikan mobil reli. Sementara itu, jantung mekanis mobil ini menggunakan mesin turbo empat silinder berkapasitas 300 bhp.

Bahkan, dari sisi transmisi pun mobil ini tetap mengadopsi transmisi automatic dengan delapan percepatan, hanya saja mobil ini telah melakukan sedikit modifikasi dengan membuka diferensialnya. Setiap alat bantu elektronik dalam mobil ini, telah dinonaktifkan guna memberikan handling yang lebih baik saat dites di atas permukaan aspal berkerikil.

Jika bagian teknis sudah dioprek sedemikian rupa, bagian luar pun yakni livery, juga turut dirombak dengan menggunakan senyawa yang khas dengan reli. Paduan warna hitam dan merah di atas warna dasar putih, turut memberikan kesan seperti mobil reli milik Toyota Gazoo Racing.

Baca juga:
HAMILTON ANCAM KELUAR DARI F1


jaguar-f-type-rally-14773ec4965d205.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Autocar.co.uk | 12 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company