image Ban matik dominasi penjualan FDR Elsafan Rendianto, Promotion Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal

Ban Matik Dominasi Penjualan FDR

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 13 November 2018

uploads/news/2018/11/ban-matik-dominasi-penjualan-45244072decefd4.jpg

Ban Matik Dominasi Penjualan FDR

ban-matik-fdr-banyak-27234c3b46e3f6a
ban-matik-fdr-banyak-11843b44e50aa9d
SPORTKU.COM

Pasar sepeda motor di Indonesia terus mengalami pertumbuhan signifikan pada setiap tahunnya.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), matik masih mengusai penjualan sepeda motor di Tanah Air. Angkanya pun terbilang cukup tinggi. Pada periode Januari-Juli 2018, total penjualan motor skutik mencapai 3.024.895 unit.

Sedangkan penjualan sepeda motor di semua segmen pada periode Januari-Juli 2018 tercatat sebanyak 3.596.502. Dari angka yang disajikan tersebut, terlihat jelas jika kontribusi penjualan sepeda motor matik di Indonesia menguasai 84,1 persen.

Penjualan sepeda motor matik yang menguasai pasar pun tak pelak juga berdampak kepada para produsen aftermarket. Salah satunya adalah pabrikan ban seperti PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dan Federal.

Baca Juga
Honda Pertahankan Brian Bogers di MXGP 2019

"Pasar ban FDR sekarang lebih ke matik, karena sekarang kan juga sebagian besar motor sudah matik. Makanya ban yang kita develop sekarang juga mengarah ke matik. Seperti yang belum lama launching, ada Sport Zevo sama City Go," ungkap Elsafan Rendianto, Promotion Dept Head PT SRI.

Menurut pria yang akrab disapa Rendi tersebut, perbandingan penjualan antara ban matik dan sport, yang pasti matik lebih besar. Terutama di wilayah perkotaan. Sayangnya, Rendi enggan merinci lebih detail berapa angka penjulan antara ban matik dan sport.

"Kalau ramainya pengguna motor matik dari data yang kita punya sudah sekitar 4 tahun lalu. Sekarang pengguna ban 18inci juga mulai gak ada, kayak yang dulu pakai Tiger maupun Mega Pro. Karena sekarang banyak motor yang tipe cub (bebek) maupun sport sudah beralih ke ukuran ban 17inci. Jadi kita banyak fokus ke ban yang 17inci dan 14inci," sambung Rendi.

Ban matik dominasi penjualan FDR
ban-matik-fdr-banyak-27234c3b46e3f6a.jpg

Baca Juga
Belajar Berkendara Aman Bareng FDR (Video)
Lomba Balap Vespa Ala Komunitas di HUT ke-23 Dewata Scooter Club

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 13 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company