image

Perjalanan Heineken Dipanggung Formula 1 Hingga Ke Vietnam

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: | 14 November 2018

uploads/news/2018/11/teka-teki-vietnam-gelar-balapan-59506f1bcf9ab8a.jpg

Perjalanan Heineken Menuju F1 Vietnam

perjalanan-vietnam-hingga-masuk-90358fb93e6904e
SPORTKU.COM

Dilihat dari perkembangannya, Vietnam sudah menjadi pasar baru yang menjanjikan bagi beberapa sponsor global olahraga, termasuk bir asal Belanda, Heineken.

Formula 1 di bawah kepemimpinan Liberty Media, telah mencapai kesepakatan untuk menggelar balapan jet darat di Vietnam pada 2020. "Kami senang mengumumkan bahwa Hanoi akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1," kata CEO The Formula 1 Group Chase Carey.

Vietnam termasuk salah satu negara yang berpotensi menggelar balapan F1 di masa yang akan datang. Hal itu pernah disampaikan secara langsung oleh Carey beberapa tahun silam. Bukan dikarenakan pesanan khusus sponsor, melainkan pemerintah Vietnam bersedia untuk membayar jumlah yang signifikan untuk mempromosikan negara Asia Tenggara, dengan menjadi tuan rumah Grand Prix.

"Kesepakatan sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Nilainya bisa mencapai 64juta dolar," kata Ecclestone saat itu.

Tapi memang, dibalik itu ada sponsor kuat yang siap menggandeng pemerintah dalam mewujudkan harapan para bos-bos tinggi di Formula 1, yaitu Heineken. Namun, kenapa minuman beralkohol itu memilih Vietnam? Padahal balap mobil F1 juga tidak begitu populer di sana.

Hal itu bermula dari kerja sama antara perusahaan bir dengan Formula One Management (FOM) yang sudah terjalin sejak 2016. Kala itu, Heineken resmi menjadi mitra global Formula 1 dengan tujuan agar balapan bergengsi itu bisa mendukung kampanye yang digalakkan oleh Heineken, yakni 'Ketika Anda Berkendara, Jangan Pernah Minum'.

Baca Juga :
Sah, Vietnam Masuk Kalender Formula 1 Untuk Musim 2020

Tentunya, kampanye yang dimaksud telah bergulir sejak September 2017 di beberapa negara, termasuk Vietnam. "Kegiatan 'Pengalaman Sempurna dengan F1' adalah peluang penting bagi kami untuk berkontribusi pada kesadaran dan perilaku berkendara konsumen setelah mengonsumsi alkohol," kata Leo Evers, Managing Director Heineken Vietnam.

Kegiatan tersebut memadukan bir, musik, dan kampanye 'Ketika Anda Berkendara, Jangan Pernah Minum'. "F1 selalu fokus pada pesan 'Think Before you Drive' (pikir sebelum kamu mengemudi). Jadi, kami akan terus menyebarkan pesan 'When You Drive, Never Drink' (ketika Anda berkendara, jangan pernah minum) di acara-acara berikutnya di Vietnam," lanjut Evers.

Selain karena kolaborasi tersebut, kabarnya produsen bir itu juga memiliki pabrik di Vietnam, bahkan sampai punya semacam kota wisata. Maka berawal dari situ, kesepakatan menggelar balapan F1 di Vietnam menjadi salah satu tujuan akhir dari kerja sama kedua belah pihak.

Sebenarnya, gelaran F1 di Vietnam sudah bisa berlangsung dari tahun lalu. Akan tetapi, menurut mantan bos F1 Bernie Ecclestone pembicaraan tersebut tidak ditindak lanjuti karena sudah ada banyak seri yang digelar pada 2017, yakni 20 balapan.

Selain itu, bersamaan dengan diumumkannya Vietnam sebagai salah satu tuan rumah F1 musim 2020, pihak Formula 1 berharap akan ada pebalap dari Asia yang ikut meramaikan kejuaraan balap jet darat ini.

"Kami ingin memberikan kesempatan bagi pebalap dari berbagai negara di seluruh dunia. Kami ingin memiliki pebalap China, Amerika, Vietnam, bahkan pebalap wanita juga. Semuanya menjadi bagian dari masa depan kami," kata Carey.

perjalanan-vietnam-hingga-masuk-90358fb93e6904e.jpg

Baca Juga :
HAMILTON ANCAM KELUAR FORMULA 1 JIKA...

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: | 14 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Akhir Penantian Panjang Persija

Akhir Penantian Panjang Persija

TOPIC OF THE WEEK
MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

TOPIC OF THE WEEK
Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

TOPIC OF THE WEEK
Kisah Hidup Luka Modric

Kisah Hidup Luka Modric

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company