image

Erick Thohir Ingin Basket Bisa Setara Dengan Sepak Bola

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 November 2018

SPORTKU.COM

Pemilik Satria Muda Pertamina, Erick Thohir, mengungkapkan keinginannya di masa depan untuk membawa basket bisa menyamai sepak bola.

Selama ini olahraga bola basket memang tidak terlalu populer di tanah air karena kalah bersaing dengan sepak bola. Hal tersebut bisa dilihat dari minimnya kompetisi di usia dini serta animo penonton yang hadir di arena tempat berlangsungnya pertandingan.

Jika sepak bola bisa ditonton langsung oleh suporter yang mencapai 60 atau 70 ribu orang, tidak demikian pada basket. Para penonton yang hadir mungkin hanya sekitar 3 ribu atau 5 ribu saja. 

Dengan melihat fenomena itu, Erick Thohir sebagai pemilik salah satu klub basket di Indonesia berharap ke depan dapat memajukan yang populer di Amerika Serikat ini. Dia menilai jika dikelola dengan baik, basket mampu dijadikan sebuah industri baru yang bisa sejajar dengan sepak bola dan bulu tangkis. 

Baca Juga:
Deretan Pelatih Yang "Dirusak" Real Madrid

Hal tersebut disampaikan saat perayaan ulang tahun Satria Muda di bilangan Jakarta, Rabu (14/11). “Ke depan, cita-cita saya masih banyak. Untuk Satria Muda pasti mau juara, tidak ada puasnya. Kemudian saya juga mau fanbase basket ini berkembang,” katanya.

“Kalau dilihat sepak bola sangat jauh sekali bisa 40 ribu penonton di stadion. Sedangkan basket hanya 3 ribu, namun itu tantangannya bagaimana kita menjaga agar 3 ribu orang itu bisa konsisten sehingga menjadi 5 ribu. Kita ciptakan sebuah film dokumenter ini untuk para fans lebih mengenal olahraga ini, apalagi kita menjadi tuan rumah FIBA 2023,” ungkap Erick Thohir kepada awak media.

Lebih lanjut, pemilik salah satu klub NBA, Philadelphia 76ers itu juga memiliki target khusus untuk Satria Muda yang diharapkan menjadi kiblat basket nasional. 

“Saya ingin SM bisa menjadi kiblat basket di Indonesia, bersama klub lain juga dan liga pastinya. Agar olahraga ini menjadi industri yang tidak kalah dengan sepak bola. Kalau ini maju bisa memberikan kontribusi ekonomi. Di Indonesia ada tiga olahraga besar, sepak bola, bulu tangkis, dan basket. Nantinya jika semua berjalan, maka menjadi sebuah industri guna menciptkana lapangan kerja bagi masyarakat,” tandasnya.

Satria Muda Pertamina saat menjadi juara IBL musim lalu

final-pelita-jaya-vs-670605a0c9cdb99.JPG

Baca Juga:
Zebastian Kadestam Yakin Raih Sabuk Juara di Jakarta

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 16 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company