image

10 Cara Agar Bersepeda di Musim Hujan Tetap Aman dan Nyaman

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 16 November 2018

4. Gunakan chain degreaser
Setelah bersepeda dalam kondisi hujan, Anda harus segera mandi dan mengeringkan tubuh. Demikian juga dengan rantai sepeda Anda.

Lindungi rantai sepeda dengan chain degraser (WD40, GT85 atau produk dari Mucc-Off), kemudian lap dan keringkan.

Berikan juga minyak pelumas pada rantai untuk melindungi rantai pada perjalanan berikutnya. Hal itu juga bisa memperpanjang usia rantai.

Semprotkan pula degreaser pada komponen bergerak yang berbahan metal, seperti mekanisme gir depan dan belakang, serta kaliper rem. Tapi, hindari degreaser dari komponen hubs, bottom bracket, rim dan rem.

10-cara-jitu-agar-654175e1d1c63f2.jpg

5. Kenakan cycling cap
Ventilasi udara pada helm sepeda memang berguna dalam kondisi cuaca yang panas. Tapi tidak demikian bila dalam kondisi hujan.

Dengan mengenakan topi sepeda sebelum helm, meski tidak terlalu mahal sekalipun, bisa menjadi pelindung yang baik untuk kepala Anda. Bagian depan topi juga dapat memberi perlindungan tambahan bagi mata untuk melawan percikan air.

Atlternatif lainnya adalah mengenakan skull cap atau helm aero, yang umumnya dilengkapi cover palstik atau memiliki ventilasi udara yang lebih sedikit.

10-cara-jitu-agar-5464764dbb06776.jpg

6. Hindari Berada dia atas genangan air
Genangan air tak hanya akan membuat Anda basah, tapi sangat berbahaya. Pasalnya Anda tak tahu apa yang ada di bawahnya. Mungkin saja terdapat lubang.

Ketika Anda melihat genangan air, cek dengan bahu Anda sebelum pindah dengan ke jalur yang aman. Bersepedalah hanya dalam kondisi genangan air yang jernih, yang memungkinkan Anda bisa melihat apa yang ada di dasarnya.

7. Periksa ban dan kurangi tekanan
Air hujan mencuci segala macam kotoran ke jalanan, dan ketika ban Anda basah, dia akan mengambil kotoran lebih banyak dari biasanya.

Setelah setiap perjalanan, segera periksa ban Anda dari batuan, kaca atau puing lainnya. Periksa juga goresan pada ban yang dapat melemahkan karkas atau biarkan ban dalam kondisi terisi angin.

Bersepeda dengan ban yang lebih berat, dengan tapak tebal di musim hujan, bisa menjadi opsi yang baik.

Mengapa tidak mencoba ban 25c dengan tekanan yang sedikit lebih rendah? Bersepeda dengan tekanan ban yang sedikit lebih rendah - sekitar 5 hingga 10 psi – akan menambah luas permukaan ban dan cengkeraman ban pada permukaan jalan, yang sekaligus akan membuat lebih kenyamanan. 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cyclingweekly | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 16 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company