image Nicky Hayden menangi duel dengan Valentino Rossi untuk rebutkan Juara Dunia MotoGP 2006 di Valencia Marc Marquez pernah meraih Juara Dunia MotoGP di seri Valencia pada musim 2013 dan 2017 Jorge Lorenzo menjadi Juara Dunia MotoGP di seri Valencia usai kalahkan rekan setimnya Valentino Rossi pada musim 2016

Siapa Saja Pebalap MotoGP Juara Dunia di Valencia?

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 17 November 2018

uploads/news/2018/11/pebalap-juara-dunia-di-65053bbbbb41230.jpg

Pebalap Juara Dunia di Valencia

siapa-saja-pebalap-motogp-136158ee14a2ec5
siapa-saja-pebalap-motogp-58883e167d96f82
siapa-saja-pebalap-motogp-47350b8769bfaad
SPORTKU.COM

Tak ada gelar juara dunia yang akan diperebutkan di MotoGP Valencia, akhir pekan ini, 17-18 November di Sirkuit Ricardo Tormo.

Tak ada yang spesial di seri pamungkas MotoGP 2018. Pasalnya, Juara Dunia MotoGP 2018 telah diputuskan di seri Jepang. Marc Marquez, pebalap asal Spanyol dari Repsol Honda telah menyegel gelar Juara Dunia MotoGP 2018 saat finish terdepan di Motegi, Jepang pada 21 Oktober lalu.

Maka MotoGP Valencia 2018 kali ini hanya akan menjadi pesta para pebalap sebelum menatap musim baru 2019. Ini adalah Grand Prix ke-20 yang akan dipentaskan di Valencia dengan balapan pertama di Sirkuit Ricardo Tormo pada tahun 1999. Sirkuit Ricardo Tormo yang juga dikenal dengan Sirkuit Valencia rutin menjadi tuan rumah babak grand final selama 17 tahun terakhir.

Namun tak banyak gelar Juara Dunia MotoGP yang diperebutkan di Sirkuit Valencia. Siapa yang akan melupakan perebutan gelar Juara Dunia MotoGP 2006? Ketika itu, Nicky Hayden merebut gelar juara dunia setelah Valentino Rossi terjatuh.

Saat itu kans Rossi yang membalap di tim Camel Yamaha, sangat terbuka untuk menjadi juara dunia. Rossi unggul 8 poin atas Hayden. Rossi memulai balapan dari pole position. Namun Rossi malah terjatuh di lap kelima. Di sisi lain, Hayden berhasil finish di urutan ketiga. Tambahan 16 poin sudah cukup mengantarnya ke tangga juara dunia.

Perebutan mahkota Juara Dunia MotoGP 2013 juga terjadi di Sirkuit Valencia antara Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Saat itu kedua pebalap yang sama-sama dari Spanyol itu bersaing sengit untuk perebutan juara dunia.

Baca Juga
Pebalap Jebolan ARRC di Kejuaraan Dunia

Lorenzo yang masih memperkuat Yamaha tersebut memang berhasil memenangi seri pamungkas itu. Namun, gelar juara dunia justru menjadi milik Marquez yang hanya finish di urutan ketiga. Tambahan 16 poin sudah cukup membawa Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2013.

Perebutan gelar terbaik di MotoGP antara duo Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo juga pernah mencapai puncaknya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada tahun 2015. Pertarungan pun dimenangkan oleh Lorenzo yang akhirnya merengkuh gelar Juara Dunia MotoGP 2015.

Rossi saat itu memang memulai balapan dari grid atau posisi paling belakang. Ini merupakan imbas dari perseteruannya dengan Marquez di Sepang. Hingga akhirnya Race Direction memberikan hukuman kepada Rossi untuk start dari grid belakang.

Pada musim lalu, Sirkuit Ricardo Tormo juga menjadi saksi bisu untuk mengantarkan Marquez menduduki tangga tertinggi di MotoGP. Ya, Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2017 yang diraihnya di seri pamungkas di Sirkuit Ricardo Tormo.

Saat itu Marquez memang cuma finish posisi kedua di belakang Johann Zarco dan Dani Pedrosa yang tampil sebagai pemenang. Tapi hasil itu sudah cukup mengantarkan Marquez jadi juara dunia karena pesaing terberatnya dari tim Ducati, Andrea Dovizioso terjatuh di lap ke-25 dan akhirnya masuk pit tak lama setelahnya.

Jorge Lorenzo menjadi Juara Dunia MotoGP di seri Valencia usai kalahkan Valentino Rossi pada musim 2016siapa-saja-pebalap-motogp-47350b8769bfaad.jpg

Baca Juga
10 Data dan Fakta MotoGP Valencia, Menandai Performa Buruk Suzuki
Sirkuit Sentul Bungkam Soal dana Rp500 Miliar

Pebalap MotoGP yang meraih Juara Dunia di Valencia
2006 MotoGP Nicky Hayden
2013 MotoGP Marc Marquez
2016 MotoGP Jorge Lorenzo
2017 MotoGP Marc Marquez

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 17 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company