image Maverick Vinales alami kecelakaan di MotoGP Valencia 2018

Banyak Kecelakaan, MotoGP Valencia 2018 Dihentikan

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 18 November 2018

uploads/news/2018/11/hujan-deras-hentikan-balapan-66825d62f5302aa.jpg

Hujan Deras Hentikan Balapan Valencia

motogp-valencia-2018-70320690f372e07
SPORTKU.COM

Balapan di trek basah harus dilalui oleh para pebalap di seri penutup MotoGP 2018, Minggu (18/11).

Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia menjadi lokasi terakhir digelarnya MotoGP 2018. Cuaca tak bersahabat menemani aksi para pebalap. Hujan cukup deras sudah mulai turun sebelum para pebalap di Kelas MotoGP beraksi. Meski begitu, para pebalap tetap menggeber motor balapnya hingga batas maksimal.

Balapan yang harus dilalui sebanyak 27 lap dimulai. Maverick Vinales, pebalap Movistar Yamaha memulai balapan dari posisi pole. Namun yang memimpin balapan di sepanjang lap pembuka justru Alex Rins. Pebalap Suzuki Ecstar yang memulai balapan dari grid 2 itu memang berhasil melakukan start dengan apik.

Rins yang memimpin balapan di lap pertama diikuti oleh Maverick Vinales dan rider Ducati Andrea Dovizioso. Balapan terus berlangsung menegangkan di bawah guyuran hujan. Rins yang masih memimpin balapan terus membuat gap yang cukup jauh dengan selisih waktu hingga 2detik dari Dovizioso.

Penampina buruk mulai diperlihatkan oleh Vinales di lap-lap pembuka. Pebalap bernomor 25 itu tak kuasa menahan serangan Dovizioso. Vinales melorot ke posisi 3 dan Dovizioso kini menjadi runner up. Vinales terus menunjukkan aksi buruknya. Dia kembali lagi melorot saat disalip oleh Pol Espargaro, rider Red Bull KTM dan juga Marc Marquez, pebalap Repsol Honda.

Masih di lap ketiga, mulai terjadi kecelakaan yang menimpa Aleix Espargaro, pebalap Aprilia Racing Team Gresini. Di saat yang sama, Rins semakin tak terbendung. Pebalap asal Spanyol itu semakin jauh untuk meninggalkan Dovizioso dengan gap hingga lebih dari 3detik.

Cuaca yang semakin tak menguntungkan harus dihadapi oleh para pebalap. Satu per satu pebalap mulai sering alami kecelakaan. Begitu juga dengan Jack Miller. Pebalap asal Australia dari tim satelit Pramac Ducati itu alami kecelakaan di saat balapan masih menyisakan 23 lap.

Baca Juga
Seri 2 Kejurnas Supercross 2018 Hebohkan Cianjur

Rins dan Dovizioso semakin menjauh dengan selisih waktu 4detik lebih. Sedangkan perebutan posisi tiga juga semakin seru antara Marquez dan Espargaro. Pada penampilannya kali ini, Espargaro memang tampil cukup mengagumkan.

Rins mulai sendirian bermain di depan. Marquez sendiri semakin serius mengejar Dovizioso untuk memperebutkan peringkat kedua. Namun sayang, usaha Marquez yang sudah mulai dekat dengan Dovizioso justru alami kecelakaan di sisa 21 lap. Valentino Rossi pun naik ke posisi 3 dan Vinales ke-4.

Balapan masuki lap 8. Andrea Iannone, rekan setim Rins yang menduduki posisi 5 harus menghentikan laju motornya. Pebalap Italia itu kecelakaan di tikungan 12. Menyusul kecelakaan berikutnya oleh Vinales di lap 13 saat menduduki posisi 4. Pebalap satelit Honda Franco Morbidelli juga terjatuh.

Masuki lap 14, jarak antara Rins, Dovizioso dan Rossi pun saling mendekat satu sama lain. Hingga akhirnya Dovizioso berhasil menyalip Rins. Begitu juga dengan Rossi yang terus membuntuti Dovizioso. Rins pun turun posisi ke urutan 3.

Balapan belum berhenti. Begitu juga dengan hujan yang semakin deras mengguyur Sirkuit Ricardo Tormo. Tak pelak, beberapa titik sirkuit pun tergenang air. Pastinya, kondisi terdebut dinilai cukup membahayakan keselamatan pebalap. Hingg akhirnya bendera merah (red flag) dikibarkan. Balapan pun dihentikan sementara.

Maverick Vinales alami kecelakaan di MotoGP Valencia 2018
motogp-valencia-2018-70320690f372e07.jpg

Baca Juga
Hasil Drag Bike Moge di Sirkuit Lanud Rumpin
Pelantikan Member Baru XYI Gorontalo

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 18 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company