image

Mantan Pebalap Trek-Segafredo André Cardoso Dihukum 4 Tahun

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Yuzuru Sunada | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 19 November 2018

SPORTKU.COM

Mantan pebalap tim Trek-Segafredo André Cardoso dijatuhi hukumna lebih dari 4 tahun oleh federasi olahraga bersepeda internasional (UCI).

Vonis tersebut dijatuhkan UCI setelah André Cardoso terbukti positif menggunakan EPO (Erythropoietin). Setelah tes di luar kompetisi, pebalap berusia 34 tahun itu sempat diskors untuk sementara waktu. Tetapi UCI kemudian mengumumkan pada Kamis pekan lalu bahwa dia akan dilarang bertanding selama empat tahun.

“UCI mengumumkan bahwa Pengadilan Anti-Doping UCI telah membuat keputusan pada kasus yang melibatkan André Cardoso. Pengadilan Anti-Doping telah menemukan bahwa pebalap itu bersalah atas pelanggaran aturan anti-doping (penggunaan Erythropoietin) dan memutuskan hukuman selama empat tahun," demikian pernyataan resmi UCI.

Cardoso sendiri telah menolak mengambil tes EPO dan meminta sampel B-nya yang telah diuji. UCI sendiri sempat mengendapkan kasus ini setelah rider Trek-Segafredo itu dijatuhi hukuman bertanding untuk sementara.

Baca juga:
TIM DOWNHILL NORCO FACTORY RACING DIAMBIL ALIH PADA MUSIM 2019

Sebelumnya, pebalap asal Portugis itu juga telah dilarang berlomba di Tour de France 2017 setelah terbukti positif menggunakan zat yang sama.

Cardoso kemudian keluar dari skuat Trek di Tour de France ketika berita tentang penggunaan doping-nya terbukti positif.

Ketika itu, Cardoso menyatakan bahwa dia sadar saat dinyatakan bersalah. Tapi dia tetap berpendapat bahwa dia tidak menggunakan zat terlarang tersebut.

“Saya sepenuhnya sadar bahwa saya akan dianggap bersalah. Tetapi penting bagi saya untuk mengatakan bahwa citra saya rusak oleh berita ini dan saya ingin menyatakan bahwa saya tidak pernah menggunakan zat ilegal.”

Pebalap bintang Trek pada tahun 2017, Alberto Contador, pernah mengatakan bahwa dia terkejut dan kecewa dengan rekan satu timnya itu.

"Ini adalah kejutan besar," kata Contador sebelum Tour. "Saya tidak pernah membayangkan bahwa hal seperti itu akan terjadi di tim ini," tambahnya.

Untuk diketahui, Cardoso berlomba untuk tim Caja Rural, sebelum akhirnya bergabung ke tim WorldTour, Garmin-Sharp, pada tahun 2014. Dia pindah ke tim Trek-Segafredo pada akhir tahun 2016 dan diskors pada pertengahan musim pertamanya.

Baca juga:
PELANTIKAN MEMBER BARU XYI GORONTALO

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Yuzuru Sunada | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingweekly | 19 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company