image Perkakas yang dibutuhkan (Bike Radar) Jangan terlalu kuat memasang pedal (Bike Radar) Jangan abaikan batas pemakaian pelek (Bike Radar) Jangan terlalu kuat memutar baut stem(Bike Radar) Jangan bersepeda dengan ban yang longgar (Bike Radar) jangan abaikan jari-jari yang kendor (Bike Radar) jangan abaikan tekanan ban sepeda  (Bike Radar)

Jangan Lakukan Hal Ini saat Melakukan Perawatan Sepeda Sendiri!

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Bike Radar | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bike Radar | 19 November 2018

uploads/news/2018/11/tips-perawatan-sepeda-sendiri-294376c26576899.jpg

Tips Perawatan Sepeda Sendiri

jangan-lakukan-ini-saat-55295dad44ec831
jangan-lakukan-ini-saat-20359acb70a04b3
jangan-lakukan-ini-saat-175687fe35338f6
jangan-lakukan-ini-saat-12111e3c831a8c8
jangan-lakukan-ini-saat-98912cd8c2dcfad
jangan-lakukan-ini-saat-74967ce683202c0
jangan-lakukan-ini-saat-490857ed8fda3a6
SPORTKU.COM

Baut yang longgar, rantai yang berat atau kanvas rem yang berbunyi, bisa menjadi sesuatu yang menjengkelkan saat bersepeda.

Anda mungkin tak sabar untuk ingin segera memecahkan masalah itu dan melakukan perbaikan sepeda sendiri memang bisa menjadi solusi praktis. Tetapi, bila salah, langkah itu justru bisa menimbulkan akibat fatal, dan bahkan bisa membuat anda harus mengeluarkan biaya yang mungkin saja tidak sedikit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang jangan dilakukan saat melakukan perawatan sepeda. Tapi sebelumnya, siapkan beberapa perkakas yang diperlukan, diantaranya, spoke key (kunci jari-jari), gemuk (grease), Allen keys 3, 4, 5mm, perkakas rantai (chain tool), pompa/pengukur tekanan angin (pressure gauge/pump), kunci torsi (torque wrench) dan kunci pedal/pas (pedal spanner).

1. Jangan mengencangkan baut terlalu kuat
Berhati-hatilah saat mengencangkan baut, terutama yang berukuran kecil. Jangan mengencangkan baut tersebut terlalu kuat.

Untuk langkah ini, kunci torsi bisa menjadi solusi. Terlebih bila mengencangkan baut pada frame berbahan karbon yang menggunakan baut titanium 5mm. Diperlukan pengencangan yang “sensitif”.

Pertimbangkan untuk membeli kunci torsi yang layak, dengan torx dan soket Allen yang sesuai. Pengencangan baut berukuran 10Nm dan 5Nm merupakan kisaran torsi yang direkomendasikan untuk seatpost, stir, dan klem pada bar.

Oleskan selalu gemuk pada ulir dan pangkal baut terlebih dahulu, termasuk kedua sisi ring.

Tetaplah menggunakan alat-alat yang bisa dipegang dan jangan pernah menggunakan penambah jarak tuas atau ambil kunci Allen yang tepat dan lakukan. Sebab, bila tidak, baut tersebut bisa rusak.

2. Jangan salah saat mengencangkan headset
Pelajari cara menyesuaikan headset sepeda Anda dengan benar terlebih dahulu dan pahami cara kerjanya.

Pertama, jangan pernah mengencangkan tutup headset tanpa melonggarkan baut stem, karena Anda hanya akan merusak tutup dan konektor atau penambat/jangkar yang terletak di dalam tabung atau batang stir (steerer tube).

Tempatkan tutup di atas dan lepaskan baut pengatur, seperti yang digambarkan, tetapi tanpa cengkeraman. Seharusnya tidak ada bearing utama, tetapi gerakanlah dengan bebas.

Baca juga:
MANTAN PEBALAP TREK-SEGAFREDO ANDRÉ CARDOSO DIHUKUM 4 TAHUN

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Bike Radar | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Bike Radar | 19 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Sirkuit Chang Thailand Picu Kontroversi

Sirkuit Chang Thailand Picu Kontroversi

DID U KNOW
Menentukan Ukuran Sepeda Yang Sesuai

Menentukan Ukuran Sepeda Yang Sesuai

DID U KNOW
Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

DID U KNOW
Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company