image Perkakas yang dibutuhkan (Bike Radar) Jangan terlalu kuat memasang pedal (Bike Radar) Jangan abaikan batas pemakaian pelek (Bike Radar) Jangan terlalu kuat memutar baut stem(Bike Radar) Jangan bersepeda dengan ban yang longgar (Bike Radar) jangan abaikan jari-jari yang kendor (Bike Radar) jangan abaikan tekanan ban sepeda  (Bike Radar)

Jangan Lakukan Hal Ini saat Melakukan Perawatan Sepeda Sendiri!

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Bike Radar | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bike Radar | 19 November 2018

uploads/news/2018/11/tips-perawatan-sepeda-sendiri-294376c26576899.jpg

Tips Perawatan Sepeda Sendiri

jangan-lakukan-ini-saat-55295dad44ec831
jangan-lakukan-ini-saat-20359acb70a04b3
jangan-lakukan-ini-saat-175687fe35338f6
jangan-lakukan-ini-saat-12111e3c831a8c8
jangan-lakukan-ini-saat-98912cd8c2dcfad
jangan-lakukan-ini-saat-74967ce683202c0
jangan-lakukan-ini-saat-490857ed8fda3a6

3. Jangan putar roda Anda kecuali dengan kondisi jari-jari yang ketat
Kesalahan umum adalah mencoba memutar roda tanpa sepenuhnya memahami proses dan konsekuensinya. Satu-satunya cara untuk belajar adalah tentu saja dengan mencobanya sendiri. Jadi lakukanlah, tetapi hanya setelah mempersenjatai diri dengan informasi sebanyak mungkin.

Cara pertama adalah mencoba untuk melakukan gerakan ke kiri dan kanan. Jadi untuk menjaga jari-jari dalam kondisi kencang, anda perlu membagi setiap penyesuaian yang dilakukan dengan mengencangkannya pada setiap sisi secara sedikit-sedikit. Sementara melonggarkan sisi yang lain juga perlu dilakukan dengan cara yang sama.

Jika sampai merusak kepala jari-jari, maka Anda sudah terlalu jauh.

4. Jangan abaikan batas penggunaan pada rim
Bagi mereka yang memiliki rem di rim atau pelek, periksa selalu kondisi keausan rim. Kebanyakan rim akan memiliki indikator keausan.

Konsekuensi dari mengabaikan batas keausan pada pelek yang tetap digunakan bisa sangat mematikan.

Banyak produsen pelek yang menyediakan semacam pengukur keausan - alur yang dangkal di sekeliling permukaan pengereman atau lubang dangkal kecil yang dibor di lokasi strategis, yang biasanya ditandai dengan stiker.

Temukan tanda tersebut dan periksalah secara teratur. Begitu tanda itu menghilang, maka pelek sebaiknya harus diganti.

Petunjuk lain adalah permukaan pengereman yang menjadi cekung. Bila ketebalan dinding rim telah mencapai 1mm, maka rim harus segera diganti.

5. Jangan bekerja terburu-buru dan kenakan sarung tangan
Ketika mengencangkan atau mengendurkan baut berulir, berhati-hatilan saat menetapkan posisi tangan dan apa yang akan lakukan. Perkakas atau ulir dapat patah secara tiba-tiba.

Jangan bekerja terburu-buru. Posisikan tubuh agar Anda bisa menarik ke arah Anda dengan tangan Anda daripada menekan dengan bobot tubuh. Hal itu ditujukan agar Anda miliki kontrol yang lebih baik jika ulir tiba-tiba terlepas. Pengunaan sarung tangan sangat dianjurkan untuk menjaga tangan Anda.

6 Jangan lupakan satpost Anda
Jangan tinggalkan seat post di sepeda selama 3 atau 6 bulan lebih. Post yang sudah terbentuk akan sulit saat akan mengganti ketinggian sadel atau menjual sepeda tanpa memperbaikinya terlebih dulu.

Meski telah diberi gemuk, gemuk yang telah terlalu lama akan menyebabkan oksidasi. Sebab tidak mungkin mencegah kotoran yang masuk ke dalam frame. Bukan hanya pada seat post berbahan metal, tapi juga yang berbahan karbon dan frame karbon.

Pada seatpost metal, oleskan gemuk di area yang terhubung setelah membersihkan dan memastikan semuanya bebas dari butiran kotoran.

Untuk yang berbahan karbon, gunakan formula berbentuk pasta, seperti Finish Line atau Pace.

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Bike Radar | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Bike Radar | 19 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company