image Giampiero Ventura (Calcio e Finanza)

Istirahatlah Giampiero Ventura

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Getty Images | Editor: Andi Wahyudi | 19 November 2018

uploads/news/2018/11/istirahatlah-giampiero-ventura-331003bfac202fa.jpg

Istirahatlah Giampiero Ventura

giampiero-ventura-getty-images--98270a15e655444
SPORTKU.COM

Menilik keputusan Giampiero Ventura mundur dari Chievo Verona dengan mewariskan konflik serta kegagalan dirinya sebagai pelatih Timnas Italia.

Secara mengejutkan, Giampiero Ventura mengajukan surat resign dari Chievo Verona. Keputusan itu diambil hanya 34 hari setelah dirinya ditunjuk sebagai pelatih klub berjuluk I Gialloblu sebagai suksesor Lorenzo D'Anna.

Ventura yang awalnya digadang-gadang mampu mengangkat prestasi Chievo yang berada di dasar klasemen sementara, namun pada daya. Setelah menukangi klub selama empat pertandingan, klub tersebut hanya mampu mendapatkan satu poin alias tak sekalipun pelatih berusia 70 tahun itu memberikan kemenangan.

Tak hanya itu, Chievo juga tercatat cukup banyak kebobolan dengan kemasukan 11 gol dan cuma mencetak empat gol saja.

Awalnya, manajemen Chievo menolak surat pengunduran diri Ventura mengingat mereka masih ingin memberikan tanggung jawab kepada pelatih yang mengawali karir kepelatihan dari Serie D itu karena pengalaman sebelumnya melatih tim-tim seperti Napoli, Torino, hingga Timnas Italia.

Bahkan keinginan Ventura untuk mundur merupakan hal yang bertolak belakang dengan pendiriannya seperti ketika menangani Timnas Italia beberapa waktu lalu di mana meski gagal mengantarkan Gli Azzuri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, namun ia menolak mundur dari jabatan yang diberikan padanya per 2016 silam tersebut.

"Mengundurkan diri? Saya terlebih dahulu akan mengevaluasi beberapa hal. Saya akan bertemu dengan Federasi untuk membicarakannya," ucap Ventura seperti dikutip dari Football Italia.

"Kami akan berbicara seperti yang selama ini kami lakukan. Saya punya hubungan baik dengan Tavecchio dan seluruh orang di federasi," jelasnya.

Penyerang sekaligus legenda Chievo, Sergio Pellissier pun angkat bicara. pemain berusia 39 tahun itu mengungkapkan kemarahannya di media sosial miliknya lantaran Ventura dengan mudahnya meninggalkan tim yang tengah terluka itu.

Baca juga
Klasemen Akhir MotoGP 2018

"Dalam gambar ini Anda dapat melihat semua kemarahan yang saya miliki sekarang. Musim panas yang sulit dengan berbagai masalah mulai dari tindakan [penipuan] manajemen, performa awal musim yang pantas dilupakan dan di atas segalanya, pengunduran diri seorang pelatih yang begitu dia tiba di sini, sudah langsung ingin angkat kaki," tulis Pellissier di Instagram-nya.

"Gila!!! Dalam 22 musim sebagai seorang persepakbola profesional, saya pikir saya telah melihat semuanya, tapi saya terpaksa mengakui bahwa selalu ada sesuatu yang baru. Walau begitu, kami akan mulai dari awal lagi dan kali ini kami akan semakin kuat. Mereka yang mencintai tim ini tidak akan pernah bisa pergi hanya karena semuanya buruk. Bukan sikap seperti itu yang dibutuhkan."

"Jangan pernah seperti Ventura. Anda menang dan kalah bersama. Begitulah seharusnya dalam sebuah tim. Jangan menyerah sampai semuanya benar-benar berakhir," tandasnya.

 
 
 
View this post on Instagram

In questa foto c’è tutta la rabbia che ho in questo momento. Un estate pesante con il problema plusvalenze, un inizio di stagione da dimenticare e per dire che non c’è mai fine al peggio le dimissioni di un mister che dal primo momento che è arrivato se ne voleva gia andare. Pazzesco!!! In 22 stagioni da professionista pensavo di aver visto tutto ma sono costretto ad ammettere che c’è sempre qualcosa di nuovo. Comunque al Chievo siamo abituati ad essere sempre in difficoltà e ne usciremo a testa alta alla faccia di tutti quelli che in questo momento si stanno divertendo alle nostre spalle. Non si può ottenere qualcosa nella vita senza lottare non ci sarebbe gusto no? Ripartiamo ancora da zero e questa volta saremo ancora più forti ????. Chi ama questa squadra non la può abbandonare solamente perché le cose vanno male, non è così che si fa, non fate come Ventura, si vince e si perde insieme come deve essere in una squadra. Mai mollare fino alla fine ???? #chievobologna #campionato #seriea #pareggio #lottare #nonmollaremai #uomini #coraggio #personalità

A post shared by Sergio Pellissier (@sergio_pellissier) on

Sikap yang ditunjukan Ventura tentu membuat citra negatif kepadanya kembali muncul. Setelah menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas aib Timnas Italia yang gagal ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1958.

Sejatinya, Chievo memberikan tawaran yang luar biasa kepada Ventura untuk bisa melakukan comeback untuk membersihkan nama baiknya dengan membuat klub tersebut—setidaknya—bisa bertahan di Serie A dan menunjukan bahwa dirinya masih memiliki sentuhan ajaib seperti yang dilakukan saat di Torino mulai dari tahun 2011 sampai 2016.

Namun apa daya, sikap Ventura yang gemar merusak suasana ruang ganti memang tetap berlanjut. Di Timnas Italia, ia berseteru dengan Daniele De Rossi. Bahkan dirinya kerap melakukan pemanggilan pemain yang tak sesuai dengan keinginan publik dan cenderung tak mau menerima masukan, misalnya tetap kokoh dengan skema taktik yang pada akhirnya gagal membawa Italia tampil di Rusia pada pertengahan 2018 lalu.

Tak heran, penulis Football Italia, Gaby McKay dengan ketus menulis bahwa sudah saatnya Ventura istirahat total dari sepakbola.

“Reputasinya benar-benar hancur, citra publiknya ada di suatu tempat di bawah Francesco Schettino dan pembayaran dari FIGC harus membuatnya baik untuk pensiun. Pergi saja, Ventura, dan jangan pernah menggelapkan ruang istirahat lagi," tulisnya.

Baca juga
Tips Perawatan Sepeda Sendiri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Getty Images | Editor: Andi Wahyudi | 19 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company