image

Sirkuit Losail Bukan Trek Terbaik Dunia

Text : Suhartono | Photo / Video : Red Bull | 20 November 2018

SPORTKU.COM

Losail International Circuit adalah sirkuit balap motor yang terletak di luar Kota Lusail, sebelah utara Doha, Qatar.

Sirkuit Losail dibangun hanya dalam waktu kurang dari satu tahun oleh 1.000 pekerja dengan biaya USD 58 juta atau sekitar Rp846,9 miliar. Sirkuit Losail membuat Qatar lebih dikenal dalam dunia balap motor. Setelah selesai dibangun, Sirkuit Losail dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 2004 untuk gelaran MotoGP.

Trek dengan panjang mencapai 5.380meter tersebut langsung menjadi salah satu sirkuit favorit para pebalap. Keberadaan sirkuit juga dikelilingi oleh rumput buatan untuk menghentikan pasir masuk ke area trek. Itu membuatnya agak mirip dengan Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir.

Cuaca yang sangat panas di Qatar menjadi tantangan tersendiri untuk para pebalap. Hingga akhirnya balapan di Sirkuit Losail pindah jadwal menjadi malam hari. Balap malam pertama dalam sejarah MotoGP digelar pada Maret 2008 silam.

Untuk bisa menggelar balap malam, pihak Sirkuit Losail pun menambah pencahayaan di sekeliling trek. Proyek pengerjaan lampu sirkuit pun hanya dikerjakan selama 175 hari dengan kurang lebih 1.000 pekerja. Terdapat total 3.600 lampu yang tertata rapi di 1.000 tiang. Dikabarkan pemasangan lampu tersebut menelan biaya hingga Rp170 miliar.

Baca Juga
Penyesalan Dalam Karier Balap Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : Red Bull | 20 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company