image Para rider melaju di turunan Para rider melaju di tanjakan Para rider berpacu di lintasan berliku JPM Bike Park memeiliki trek seru yang terbentang sepanjang 3,2km

JPM Bike Park, trek Seru di Selatan Jakarta

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 23 November 2018

uploads/news/2018/11/trek-mtb-seru-di-565807b29c145f6.jpg

Trek MTB Seru di Selatan Jakarta

jpm-trail-mtb-race-18343e4c85cd30b
jpm-trail-mtb-race-87022dab0249aa7
jpm-trail-mtb-race-36056faacc93441
jpm-galeri--66137bc9cdeb453
SPORTKU.COM

Bersepeda gunung atau bermain MTB, memang akan terasa lebih pas bila dilakukan di habitat aslinya.

Tetapi, bila kondisi atau waktu tidak memungkinkan, maka bepergian ke gunung tentu bisa menjadi masalah tersendiri.

Bagi para penggemar sepeda, khususnya MTB, di Jakarta dan sekitarnya, yang ingin berpetualang dengan MTB, tapi tak ingin dalam jarak yang terlalu jauh atau waktu yang lama, Anda tak perlu bingung lagi. Pasalnya, kini ada sebuah lokasi di Selatan Jakarta yang bisa memuaskan hasrat anda untuk bertualang dengan MTB kesayangan.

Jalur Pipa Modern Bike Park atau yang lebih dikenal dengan JPM Bike Park, terletak dalam kawasan perumahan elite di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Tempat ini bisa menjadi opsi menarik untuk kunjungi karena memiliki trek MTB yang menantang.

Awalnya, trek JPM merupakan lahan tidur di dalam kawasan Modern hill. Karena kontur tanahnya yang miring dan tidak dibangun, lahan tersebut kemudian dicoba untuk dimanfaatkan oleh para penggemar MTB.

Menurut pentolan komunitas JPM, Sandi, JPM Bike Park merupakan wujud dari keinginan para penggemar MTB di Tangerang Selatan, yang mendambakan arena bermain MTB yang dekat atau terjangkau. Selanjutnya beberapa komunitas MTB yang ada di kawasan ini berkolaborasi dan membangun arena bersepeda.

Baca juga:
TOUR DUNIA UCI 2019 KEMAS 38 RACE

JPM Bike Park mulai diperkenalkan pada April 2019 lalu. Panjang lintasan yang ada waktu itu hanya 2km saja. Kondisi treknya pun masih tergolong standar, di mana masih sebatas tanjakan dan turunan yang standar.

Tak puas sampai di situ, trek ini kemudian dikembangkan dengan adanya sejumlah penambahan yang membuat trek ini jauh lebih menantang dari sebelumnya.

Penambahan tersebut dilakukan dengan dibuatnya rock garden (lintasan uang berbatu), road gap, berm (kelokan dengan bagian tepinya yang ditinggikan) serta tanjakan dan turunan yang lebih teknis. Panjang lintasan pun ikut bertambah, menjadi 3,2km.

Pengembangan tersebut tak lepas dari saran para atlet MTB atau downhill yang kerap mengasah skill-nya di sini.

"Jadi kita banyak dapet masukan. Untuk (membuat) trek itu lebih menantang, ya dari atlet-atlet itu," kata Sandi.

Trek JPM memang ditujukan bagi penggemar MTB dari sejumlah genre atau aliran, mulai dari cross-country, all mountain (AM), trail hingga downhill. Hanya saja untuk downhill, trek ini hanya ada beberapa spot saja yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berlatih.

Trek JPM memiliki sejumlah spot atau obstacle yang bervariasi dan dijamin akan memacu adrenalin para rider, dengan adanya road gap setinggi 2 meter, rock garden sepanjang 80m, berm, serta tanjakan maupun turunan yang teknis. Ada pula obstacle lain yang dinamakan Roller Coaster.

Meski menantang dan bahkan ada beberapa yang tergolong berbahaya, menurut Sandi, trek JPM diklaim aman, termasuk bagi kalangan pemula. Sebab, di sepanjang jalur telah dilengkapi rambu-rambu yang jelas dan 'Chicken Way' (jalur alternatif yang mudah), khususnya di sejumlah obstacle yang berbahaya.

Untuk meminimalkan resiko para rider, pengelola JPM Bike Park juga memiliki prosedur yang cukup ketat bagi mereka yang ingin bermain di trek ini, yakni harus dilengkapi helm dan sarung tangan. Bagi mereka yang baru pertama kali 'turun' di bike park ini juga wajib ditemani pemandu.

Untuk bisa menikmati serunya trek JPM, para pesepeda cukup datang langsung ke lokasi dan menginformasikan kunjungannya kepada pengurus bike park. Selanjutnya mereka bisa langsung menikmati lintasan.

Para pengunjung memang tidak akan dipungut biaya tapi sangat disarankan untuk memberikan donasi, yang akan digunakan untuk perawatan jalur.

Ke depannya, JPM Bike Park akan dikembangkan lagi. Jalur yang telah ada pun akan diperpanjang menjadi sekitar 5km, yang diperkirakan bisa terealisasi pada Januari 2019 mendatang.

Data & Fakta JPM Bike Park
Karakter: XC, AM/Trail, DH (light).
Panjang lintasan total: 3,2km
Daya tarik: road gap (setinggi 2 meter), rock garden (sepanjang sekitar 80m), roller coaster, tanjakan dan turunan yang teknis.
Tarif masuk: Gratis (tapi disarankan memberikan donasi untuk perawatan lintasan)

Gap setinggi 2 meter, salah satu ikon di JPM Bike Park

jpm-galeri--15062c372d80919.jpg

Baca juga:
KADO TERAKHIR MCLAREN UNTUK FERNANDO ALONSO

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 23 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company