image

Atletico Madrid vs Barcelona, El Clasico Mini Negeri Matador

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 23 November 2018

SPORTKU.COM

Jika pertandingan El Clasico selalu identik dengan Real Madrid vs Barcelona, tentunya salah besar karena terdapat Atletico Madrid di dalamnya.

Akhir pekan ini pecinta sepak bola, khususnya LaLiga langsung disuguhkan pertandingan panas antara Atletico Madrid yang menjamu Barcelona di Stadion Wanda Metropolitano, pada Minggu (25/11) dini hari. Sebuah pertandingan yang tidak kalah menarik dibanding duel El Clasico yang sesungguhnya antara Real Madrid vs Barcelona.

Tidak banyak yang tahu, bahwa Atletico merupakan salah satu lawan yang sulit dikalahkan oleh Barcelona. Tercatat, dari 162 kali pertemuan di LaLiga, Barcelona menang 73 kali, berbanding Atletico 50 kali dan 39 laga berakhir imbang. 

Tentu saja sebuah catatan yang sebenarnya hampir seimbang. Kekuatan Atletico kian bertambah sejak kedatangan Diego Simeone pada 2011 silam. Meski pria asal Argentina tersebut belum pernah mengalahkan Barcelona dari 13 pertandingan yang sudah dijalani di LaLiga, dengan rincian kalah 9x, dan imbang 4x.

Akan tetapi, meski belum pernah meraih kemenangan, patut diingat Los Rojiblancos kerap menyulitkan pasukan Catalan. Dan hal yang paling diingat tentu saja saat mereka memastikan diri sebagai juara di Camp Nou pada musim 2013/2014 lalu. Berkat hasil imbang 1-1, Atletico pun memastikan diri sebagai juara LaLiga kala itu. 

Baca Juga:
Crazy Rich Asians Sepak Bola

Memang kepopuleran laga ini tidak sebesar pertandingan antara Madrid kontra Barcelona. Padahal, pertemuan Atletico melawan Barca menjadi salah satu laga yang tidak membosankan. Pasalnya, sejak 2013, tidak ada pertandingan yang berakhir nihil gol. Sebanyak 17 pertandingan yang sudah terjadi di semua kompetisi. 

Sayangnya, ketangguhan Atletico kali ini akan ditantang oleh sang bintang milik Barcelona, Lionel Messi. Seperti diketahui, gawang Atletico merupakan salah satu favorit Messi karena dia sudah mencetak 28 gol dari 36 pertemuan. 

Ditambah, Stadion Wanda Metropolitano sebagai arena bertanding punya memori manis bagi Barcelona musim lalu kala menghajar Sevilla lima gol tanpa balas di final Copa Del Rey. Akan tetapi, Atletico bukannya tambah senjata ampuh.

Di musim ini, gawang Atletico diketahui punya lini belakang yang sangat solid. Gawang Jan Oblak baru kemasukan delapan gol saja, atau yang paling baik diantara tim yang ada di posisi lima besar.

Sebaliknya, sebuah pekerjaan rumah masih dihadapi Ernesto Valverde di kubu Barcelona. Tidak lain dan tak bukan adalah masalah lini belakang yang sangat buruk. Bayangkan, dari 12 pertandingan, gawang mereka sudah kemasukan 18 gol. Tentu cukup banyak untuk klub sebesar Blaugrana. 

Yang membuat laga ini kian menarik pastinya deretan pemain anyar yang didatangkan kedua tim di bursa transfer musim panas lalu. Di kubu Barcelona, Arthur Melo sebagai pemain baru dengan sangat baik menjadi motor serangan tim dan diprediksi bisa menjadi kunci permainan Barcelona.

Sementara untuk Atletico, ada Rodrigo Hernandez yang dibeli dari Villarreal musim panas lalu. Kehadiran Rodrigo tentu saja menguntungkan karena dia sudah lama berkarier di LaLiga sehingga mengetahui kekuatan dan kelemahan Barcelona. 

Sementara dari sisi duel peracik strategi di pinggir lapangan, Simeone jelas lebih superior dibanding Ernesto Valverde. Rekor pertemuan kedua pelatih ini tercatat sudah terjadi 13x, di mana Simeone memenangi delapan pertemuan, Valverde hanya sekali, dan sisa empat laga berakhir imbang. 

Untuk itu, pertandingan diprediksi akan menyajikan tontonan menarik. Jadi, siapakah yang menjadi raja di El Clasico mini kali ini? Mari kita tunggu bersama.

Pertemuan terakhir kedua tim di Wanda Metropolitano pada musim lalu berakhir imbang 1-1

atletico-vs-barca-216309a40717825.jpeg 

Baca Juga:
Juara Piala AFF, Hanya Sebuah Wacana?

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 23 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company