image

Dua Rekor Dunia yang Dibuat Neymar

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Reuters Uk | Editor: Andi Wahyudi | 24 November 2018

SPORTKU.COM

Inilah dua rekor dunia yang dipegang oleh pesepakbola berbakat asal Brasil, Neymar.

Neymar da Silva Santos Junior atau yang akrab dengan sebutan Neymar merupakan salah satu pemain depan terbaik di sepakbola modern. Pemain asal Brasil tersebut telah mencatatkan banyak prestasi baik di klub maupun bagi negaranya.

Bahkan di awal kemunculannya, pemain berusia 26 tahun itu kerap disamakan dengan Legenda Brasil, Pele lantaran selain memiliki bakat olahbola yang luar biasa, keduanya merupakan jebolan kesebelasan Santos.

Neymar memulai karir di Santos pada tahun 2009 dan pada tahun 2013 hijrah ke klub raksasa asal Spanyol pada tahun 2013. Di klub tersebut, ia menjelma sebagai sosok yang tak tergantikan di Blaugrana, bahkan dirinya tergabung dalam Trio MSN (Messi Suarez Neymar) sebagai salah satu lini depan paling berbahaya di muka bumi.

Sebelum akhirnya pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), Neymar tercatat sukses memenangkan semuanya bersama Barcelona seperti gelar LA Liga, Copa del Rey, sampai trofi Liga Champions.

Baca juga
Kemenangan Beruntun Rudy Agustian

Di Timnas Brasil, Neymar sendiri memulai debut untuk tim nasional di usia masih sangat muda, yakni 18 tahun. Bersama Selecao, dirinya sukses mencetak 60 gol sekaligus menjadikannya sebagai pemain paling subur ketiga sepanjang sejarah negaranya.

Dari sekian banyak gelar baik individu maupun tim, ada dua rekor yang dicatakan oleh Neymar yang rasanya bakal sulit dipecahkan. Adapun dua rekor tersebut adalah:

Pemain Paling Mahal di Dunia

Neymar (Sport Ilustrated)

neymar-reuters-uk--61875f74f00678d.jpg

Rekor pertama yang bakal sulit dilampaui adalah rekor sebagai pemain sepakbola termahal di dunia. PSG harus mengeluarkan biaya sebesar 222 juta euro atau sekitar Rp3,5 triliun untuk menebus kepemilikan Neymar dari Barcelona pada musim 2017/2018 lalu.

Jumlah tersebut lebih besar dua kali lipat dari rekor pemain termahal sebelumnya, Paul Pogba yang ditebus Manchester United dari Juventus dengan biaya transfer sebesar 105 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun.

Mahalnya pembelian yang dilakukan PSG untuk merekrut Neymar pun berdampak pada harga pemain di bursa transfer. Harga jual pemain menjadi meningkat, contohnya Philippe Coutinho yang direkrut Barcelona dari Liverpool seharga 120 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Guinness World Record sendiri mencatatkan bahwa Neymar merupakan atlet sepakbola dengan nilai transfer termahal. Total biaya transfer dirinya sebesar 308,2 juta euro atau sekitar Rp5 triliun dengen rincian transfer dari Santos ke Barcelona senilai 86,2 juta euro dan dari Barcelona ke PSG sebesar 222 juta euro.

Pencetak Gol Tercepat di Olimpiade

Selain sebagai pemain termahal di dunia, ada satu rekor yang mungkin banyak orang tak tahu. Adapun rekor lain yang berhasil dicatatkan oleh Neymar adalah kesuksesan dirinya sebagai pencetak gol tercepat di Olimpiade.

Neymar hanya butuh waktu selama 14detik untuk bisa membobol gawang Honduras di babak semifinal Olimpiade 2016 silam. Gol ini pun menjadi gol tercepat yang bisa dicatatkan oleh dirinya di sepanjang karir sepakbolanya itu.

Kesuksesan Neymar ini pun ditutup dengan kesuksesan Brasil meraih medali emas di cabang sepakbola putra di Olimpiade 2016 lalu. Inilah medali emas perdana Brasil di ajang ini.

Baca juga
Neymar Jadi Kapten Permanen Timnas Brasil

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Reuters Uk | Editor: Andi Wahyudi | 24 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company