image

Indonesia vs Filipina, Kejar Kemenangan Demi Gengsi dan Harga Diri

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : AFF | Editor: Andi Wahyudi | 25 November 2018

SPORTKU.COM

Laga Indonesia vs Filipina di laga terakhir grup B Piala AFF 2018 tidak lain demi menjaga gengsi dan harga diri.

Timnas Indonesia saat ini memang sudah tidak berkepentingan lagi di Piala AFF mengingat sudah dipastikan tersingkir. Saat ini, Indonesia masih menduduki posisi empat klasemen dengan nilai 4 angka, tertinggal 4 poin dari Thailand dan Filipina yang sama-sama mengemas 7 poin. Dan dengan Singapura Indonesia berjarak 3 poin.

Untuk itu, pertandingan melawan Filipina pada Minggu (25/11) sebenarnya sudah tidak berarti apa-apa lagi untuk Skuat Garuda. Namun, meski sudah tidak punya peluang, pertandingan ini sebenarnya punya arti penting bagi Stefano Lilipaly cs. 

Disebut penting karena laga ini menjadi pertaruhan Indonesia untuk tidak menanggung malu lebih tinggi di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, sejak Piala AFF digelar pada 1996 silam, Indonesia sebenarnya punya catatan cukup apik meski belum pernah sekalipun menjadi juara.

Baca Juga:
El Clasico Mini Negeri Matador

Bersama Thailand, Indonesia merupakan tim yang paling banyak tampil di final. Sayangnya, saat ini justru menjadi pesakitan. Untuk itu, hanya dengan kemenangan Indonesia bisa mengobati sedikit rasa sakit meski tetap saja kegagalan adalah hal yang tak ingin dirasakan pecinta sepak bola tanah air. 

Selain itu, laga ini juga penting untuk sang pelatih, Bima Sakti, untuk menunjukkan kapasitasnya agar tidak terus disudutkan atas kegagalan Indonesia. Apalagi, lawan yang akan dihadapi merupakan tim yang diarsiteki juru taktik kelas dunia, Sven Goran Eriksson. 

Ditambah, dengan raihan tiga poin pula yang bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap tim nasional mereka. Bisa dilihat, hasil negatif yang diraih skuat Merah Putih berdampak jelas terhadap animo masyarakat dalam menyaksikan langsung ke stadion.

Momen itu bisa dilihat kala Indonesia berhadapan dengan Timor Leste di mana hanya sekitar 15.000 tiket yang terjual dari 65.000 yang dilepas PSSI. Untuk itu, meski sudah tidak mendapat apa-apa dari hasil pertandingan nanti, seluruh pemain Indonesia tetap dituntut berjuang maksimal demi harga diri dan gengsi.

“Melawan Filipina kami pasti menurunkan skuat terbaik karena kami targetkan kemenangan. Nanti ada beberapa pemain yang akan kami beri kesempatan bermain, namun tetap kami incar kemenangan,” tutur Bima Sakti. 

Ungkapan Bima di atas menyiratkan dengan jelas bahwa dirinya pasti ingin berjuang keras agar Indonesia tidak menanggung malu lebih banyak lagi. Sekarang sebagai masyarakat Indonesia, mari kita dukung timnas Indonesia berlaga demi meraih hasil terbaik agar meninggalkan AFF 2018 secara terhormat.

Riko Simanjuntak saat menghadapi Thailand

thailand-vs-indonesia-959531cf7a45288.jpg

Baca Juga:
Gagal Lolos Grup, Indonesia Tambah Rekor Buruk di Piala AFF

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : AFF | Editor: Andi Wahyudi | 25 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company