image

Harapan Alonso di Balapan Terakhir F1 GP Abu Dhabi

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : McLaren F1 | Editor: Andi Wahyudi | 25 November 2018

SPORTKU.COM

Fernando Alonso masih berharap mendapatkan poin di balapan terakhirnya Grand Prix Abu Dhabi pada Minggu (25/11).

Juara dunia dua kali itu akan segera menutup tirai kehidupannya di Formula 1 akhir pekan ini. Meskipun ia sempat berujar bahwa tak selamanya akan meninggalkan F1 dan suatu waktu bisa saja kembali ke dunia balap yang telah membesarkan namanya.

"Saya butuh istirahat, dan saya perlu mencari sesuatu yang bisa dilakukan," katanya kepada pewarta. "Tapi saya terbuka dengan segala kemungkinan yang ada. Jadi saya bisa saja kembali ke sini pada musim yang lain."

Pebalap berusia 37 tahun itu terdengar sangat bahagia ketika berhasil lolos ke putaran kedua babak kualifikasi, dan akan memulai balapan hari Minggu di Yas Marina dari posisi ke-15. "Kami sama sekali tidak optimis tentang peluang untuk bisa masuk ke Q2, karena kami belum terlalu kompetitif di salah satu sesi akhir pekan ini," lanjutnya.

"Semaksimal mungkin saya melakukan hal terbaik di babak kualifikasi, meskipun kami tahu bahwa tidak mudah untuk menembus Q1. Maka, kami pun menggunakan tiga set ban untuk mencoba dan ternyata berhasil," tambah Alonso.

Pebalap Spanyol itu mengutamakan untuk bisa menyelesaikan perlombaan hingga bendera finish dikibarkan. "Pada kondisi mobil yang murni kita tidak mungkin bisa berada di sepuluh besar," akunya. "Tapi, siapa yang menjamin bahwa besok kami bisa melakukannya."

Bicara soal kinerja mesin, mungkin Alonso berpikir bahwa MCL33 yang ditungganginya sekarang tidak mumpuni untuk bisa memenangkan balapan. Akan tetapi, ia tetap optimis untuk bisa meraih poin di balapan terakhirnya pekan ini, dan menjadikan hari-hari terakhirnya di F1 terasa istimewa.

Alonso akan menjalani balapan terakhir di Abu Dhabi dengan livery khusus yang serupa dengan warna helmnya. Dia mengaku dirinya masih merasa malu dengan semua perhatian yang ia dapatkan, termasuk kunjungan mantan Raja Spanyol ke pitnya kemarin.

"Banyak hal yang terjadi akhir pekan ini. Banyak emosi dan banyak sentuhan yang bagus di sana sini. Semua penghormatan ini sebenarnya sedikit memalukan bagiku, karena aku lebih pemalu dari pada yang orang lain pikirkan. Aku ingin semua ini cepat berlalu," akunya.

Ini juga merupakan balapan terakhir bagi rekan setimnya, Stoffel Vandoorne, yang akan beralih ke balapan mobil listrik untuk musim 2019. Pebalap Belgia itu memang memiliki waktu yang sangat buruk di F1 musim ini. "Cukup lega untuk mengakui kondisi yang belum cukup baik di tahun ini," kata Vandoorne ketika ditanya apa perasaannya setelah melakoni babak kualifikasi terakhir.

"Mobil ini sebenarnya masih bagus untuk dikendarai, meskipun Anda melihat hasilnya sulit untuk diterima. Tapi balapan di hari Minggu nanti adalah yang terakhir untuk saya, jadi saya akan mencoba dan memanfaatkannya," kata Vandoorne.

Terakhir, pebalap berusia 26 tahun itu menyatakan kesedihannya karena akan meninggalkan begitu banyak kenangan bersama orang yang telah berjasa. "Sungguh menyedihkan meninggalkan begitu banyak orang yang bekerja sangat dekat dengan saya. Tapi di sisi lain, saya sangat bersemangat untuk memulai hal baru di masa depan," pungkas Vandoorne.

harapan-alonso-pada-balapan-71957eb07a6bfa2.jpg

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : McLaren F1 | Editor: Andi Wahyudi | 25 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

ETCC
Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

GYMKHANA
Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

GYMKHANA
Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company