image

Saat Penyakit Klasik Arsenal Mulai Terlihat

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 26 November 2018

SPORTKU.COM

Sempat tancap gas di awal, Arsenal kini mulai menunjukkan penyakit klasik mereka memasuki periode sibuk di musim dingin.  

Pergantian pelatih dari tangan Arsene Wenger ke Unai Emery pastinya sangat diharapkan bisa memberi perubahan besar dalam tubuh The Gunners. Puasa gelar yang cukup lama sampai absen di Liga Champions adalah penyebabnya.

Untuk itu, ekspektasi besar diberikan kepada mantan juru taktik Sevilla dan Paris Saint-Germain (PSG) itu ketika datang ke Emirates. Pada dua pertandingan awal Premier League, racikan Emery memang tidak membuahkan hasil karena mereka kalah dua kali secara beruntun dari Manchester City dan Chelsea. 

Setelahnya, sebuah evolusi dimulai. The Gunners sukses melewati 11 pertandingan dengan kemenangan, sebuah capaian fantastis pastinya. Rekor kemenangan mereka terhenti saat melawat ke markas Crystal Palace 28 Oktober lalu, di laga tersebut Arsenal harus puas bermain imbang 2-2. 

Sempat kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Blackpool di Piala Liga Inggris, langkah Arsenal kembali terhenti kala menjamu Liverpool. Mesut Oezil dkk. ditahan imbang 1-1. 

Di sinilah Arsenal mulai menemui masalah karena dua laga berikutnya melawan Sporting Lisbon di Liga Europa kembali meraih hasil imbang 1-1. Selanjutnya hasil serupa mereka dapat ketika menjamu Wolverhampton Wanderers di kandang sendiri.

Baru rentetan hasil imbang yang diterima Arsenal bisa terhenti kala bertemu Bournemouth di pekan ke-13 Premier League pada Minggu (25/11). The Gunners keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1. 

Baca Juga:
Geliat Arsenal di Tangan Unai Emery

Akan tetapi, meski meraih kemenangan, secara permainan penampilan Arsenal di laga itu biasa saja. Bahkan, satu dari dua gol yang mereka cetak hadir berkat bantuan lawan yang melakukan gol bunuh diri. 

Menjadi sebuah pertanyaan besar pastinya jika melihat Arsenal saat ini yang tidak konsisten dibandingkan awal musim. Namun, tahukah Anda jika situasi seperti ini bukanlah hal asing bagi Arsenal?

Ini merupakan penyakit lama yang kerap menjangkiti skuat Arsenal sejak era Wenger. Tancap gas di awal, kemudian kehabisan bensin di pertengahan musim. Padahal, periode November sampai Januari sangat penting untuk setiap klub-klub Inggris.

Di musim dingin pula hadir boxing day yang jadi salah satu daya tarik kompetisi negeri Ratu Elizabeth. Sebuah fase sibuk dari Premier League karena saat liga lainnya tengah menikmati libur natal dan tahun baru, di Inggris justru sebaliknya.

Banyak faktor yang membuat penampilan Arsenal merosot di periode ini, salah satunya adalah cedera. Seperti yang mereka alami sekarang, terdapat enam pemain yang masuk ruang perawatan, yakni Alexandre Lacazette, Danny Welbeck, Stephan Lichtsteiner, Nacho Monreal, Laurent Koscielny, dan Konstantinos Mavropanos.

Absennya beberapa pemain pilar tentu memberi perubahan cukup besar terhadap kemampuan tim. Tapi lebih dari itu, persoalan mental para pemain wajib dibenahi. Problem ini sudah berkali-kali terjadi di era Wenger, sehingga Emery harusnya bisa mengatasi hal itu dengan mudah ketika datang melatih. Akan tetapi, masalah mental yang jadi pekerjaan rumah untuk tim pelatih.

Jika tidak segera berbenah, maka Arsenal bisa makin tertinggal dari pesaingnya seperti Manchester City dan Liverpool yang terus berlari kencang. Ujian mereka pun kian berat setiap pekannya, di pekan ini saja mereka harus bertanding di Liga Europa pada Jumat (30/11), lalu dua hari berselang mereka melakoni derbi London Utara versus Tottenham Hotspur. 

Para penggemar Arsenal pasti berharap tim kesayangan mereka bisa melewati musim dingin kali ini dengan sangat nyaman. Karena bukan tidak mungkin, jika masalah ini diselesaikan, harapan menjadi juara masih terbuka. 

Cedera jadi momok Arsenal di periode sibuk

arsenal-331790c9bb34cd6.jpg

Baca Juga:
Terima Warisan Lama Arsenal, Unai Emery Sindir Wenger

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 26 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Ferguson Kembali Tangani Man. United

Ferguson Kembali Tangani Man. United

FOOTBALL
Melihat Sepak Terjang Joko Driyono

Melihat Sepak Terjang Joko Driyono

FOOTBALL
Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea

Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea

FOOTBALL
Jokdri Tak Terkait Pengaturan Skor

Jokdri Tak Terkait Pengaturan Skor

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company