image

Pebalap Jepang Menjunjung Tinggi Nilai Sopan Santun

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 27 November 2018

uploads/news/2018/11/santunnya-sikap-pebalap-jepang-478285c0742ebf1.jpg

Santunnya Sikap Pebalap Jepang

toyota-team-indonesia-jepang-697913d98d1add3
toyota-team-indonesia-jepang-39241e8d8f496f9
toyota-team-indonesia-jepang-45436b3c8dd7040
SPORTKU.COM

Ikut serta dalam gelaran Toyota Gazoo Racing Festival (TGRF), memberikan pandangan positif bagi seorang Alinka Hardianti.

Negara Jepang memang dikenal lewat penduduk yang ramah dan santun. Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari, dalam balapan pun mereka juga tetap menjunjung tinggi rasa sopan santun. Itulah yang dirasakan oleh Alinka Hardianti, saat mengikuti balapan Toyota Gazoo Racing Festival 2018 akhir pekan lalu (25/11). Bagi Alinka, hal tersebut membuatnya takjub dan salut.

"Kalau menurut saya, mereka itu santun banget. Saat kualifikasi, ada pebalap yang menyalakan lampu, itu tandanya mereka memberikan kode. Menyalakan lampu, itu artinya mereka minta jalan. Ibaratnya mereka ngasih kode buat menandakan bahwa mereka butuh lap time yang bagus," buka Alinka Hardianti, pebalap Toyota Team Indonesia.

Baca juga:
PERAN RIO HARYANTO DI TTI

Selain itu, ada kebiasaan lain lagi yang membuat Alinka cukup terkejut. Meski dari awal ia merasa aneh, namun lama kelamaan, ia mengerti bahwa itu adalah tanda hormat mereka kepada lawan ketika melakukan overtake.

"Dan mereka juga akan angkat tangan setiap menyusul. Bukan hanya saat kualifikasi, tapi saat balapan pun mereka juga akan angkat tangan, entah itu minta maaf atau apa lah, tapi memang mereka selalu angkat tangan," tambah Alinka.

"Awal-awal saya juga tidak tahu mereka ngapain, dan saya pikir itu hanya saat latihan atau kualifikasi, tapi saat balapan pun seperti itu juga. Lama kelamaan saya paham bahwa mereka memang memiliki kebiasaan seperti itu. Meskipun ada beberapa yang rusuh, kebanyakan mereka tetap sesopan itu dan se-welcome itu," imbuhnya.

Sementara itu, mengenai cuaca yang dingin, Alinka rupanya memiliki treatment khusus saat menjalani balapan. Pasalnya, balapan di Fuji International Speedway, memiliki suhu udara yang sangat dingin. Temperatur menunjukan kondisi 5 derajat, artinya adalah suhu tersebut sangat dingin berbeda dengan kondisi balapan di Indonesia.

"Treatment, saya menggunakan heater di dalam mobil. Meskipun pada awal-awal balapan saya tidak menyadari ada fitur itu di dalam mobil, tapi kini saya selalu melakukan setting heater sebelum balapan. Untuk saya sendiri, saya menggunakan pakaian dalam yang heater juga agar tetap panas, tidak terganggu dengan cuaca dingin di sirkuit," pungkas Alinka.

Baca juga:
PEBALAP INDONESIA LINTAS GENRE

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 27 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company