image Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 FDR kembali support Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 digelar di Universitas Negeri Padang (UNP)

FDR Uji Coba Ban Prototype Radial di KMHE 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 28 November 2018

uploads/news/2018/11/fdr-uji-ban-prototype-74369972e308d86.jpg

FDR Uji Ban Prototype Radial

fdr-uji-coba-ban-468846e18d3c6af
fdr-uji-coba-ban-895230aef7c49cb
fdr-uji-coba-ban-90287af604eea0b
fdr-uji-coba-ban-904735192ff4d71
SPORTKU.COM

FDR dalam tiga tahun terakhir ini konsisten mendukung event bergengsi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE).

Kendaraan bermotor yang ramah lingkungan dan hemat energi sudah menjadi kebutuhan di masa mendatang. Riset mengenai hal tersebut sudah dilakukan tidak hanya dari pihak akademisi, namun juga produsen kendaraan dan spare part, seperti ban FDR sudah menaruh perhatian pada teknologi hemat energi.

Konsistensi FDR dalam mengembangkan teknologi hemat energi diwujudkan dengan kembali mendukung Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Acara KMHE 2018 yang mengambil tema 'UNP Green Breath 2018' diadakan di Universitas Negeri Padang (UNP) mulai 27 November hingga 1 Desember 2018 mendatang.

"Ini adalah tahun ketiga FDR mensponsori Kontes Mobil Hemat Energi dan tahun ini kami hadir dengan inovasi baru untuk ban berteknologi hemat bahan bakar, yaitu ban prototype radial," kata Elsafan Rendianto, Promotion Department PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Di tahun ketiganya ikut KMHE, FDR pada kesempatan kali ini menyediakan sebanyak 160 ban prototype. Ban prototype tersebut terdiri dari 140 dengan kembangan Sport MP27 berukuran 90/80-17 TL. Selain itu juga disediakan sebanyak
20 ban prototype radial ukuran 90/80 R16 TT.

"Kita selalu melakukan inovasi agar tim-tim Indonesia tidak kalah bersaing dengan tim-tim internasional. KMHE jadi ajang yang bagus untuk tim Indonesia mempersiapkan diri untuk kompetisi tingkat Asia awal tahun 2019 mendatang," sambung Rendi.

Sebelumnya, FDR telah mendukung tim Indonesia dalam kompetisi kendaraan hemat energi tingkat Asia bahkan dunia dengan menyediakan ban-ban prototype yang khusus dibuat untuk kompetisi tesebut. Jika diperhatikan, tim-tim yang berlaga di kompetisi kendaraan hemat energi tingkat Asia bahkan dunia menggunakan ban rim 16.

Baca Juga
Oei Racing Team Pensiun Balap

"Ada alasan kenapa ban rim 16 inci banyak digunakan karena momen inersia (ukuran kelembaman suatu benda untuk berotasi terhadap porosnya) paling optimal ada pada ban rim 16 dibanding rim 17 atau 14, di mana pada akhirnya kerja mesin jadi lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit," kata Jimmy Handoyo, Technical Service Department Head PT SRI.

Saat ini ban prototype radial dirancang sebagai ban tubetype alias ban yang membutuhkan ban dalam karena melihat dari kondisi tim-tim yang berlaga di KMHE sebagian besar menggunakan velg jari-jari. "Namun, kita bisa melakukan perubahan jika ada kebutuhan agar ban tersebut jadi ban tubeless,” ujar Jimmy lebih lanjut.

Selain menyediakan ban prototype untuk seluruh tim yang berlaga di kelas Urban, FDR juga siap dengan dukungan teknis seputar ban, seperti penggunaan tekanan angin ban hingga jasa bongkar pasang ban prototype.

Sebanyak masing-masing 37 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia bersaing di kelas Protype dan Urban untuk memperebutkan gelar juara sebagai kendaraan dengan penggunaan bahan bakar paling hemat.

FDR juga mengadakan FDR Awards untuk mengapresiasi tim-tim Urban yang bisa mencatatkan waktu tercepat dan sekaligus paling irit di KMHE 2018 ini.

Selain mengeluarkan ban prototype baru, FDR juga menerapkan teknologi hemat bahan bakar tersebut pada ban harian FDR yang diberi nama Eco Smart Tire (EST). Setelah sebelumnya ada Facio EST, kini teknologi EST juga hadir pada salah satu kembangan favorit ban FDR, yaitu Sport XR Evo.

FDR kembali support Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE)fdr-uji-coba-ban-895230aef7c49cb.jpg

Baca Juga
Wahyu Aji Target Runner Up di Klasemen Akhir ARRC 2018
Honda Mulai Panaskan Rally Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 28 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company