image Helm Pintar Specialized yang dilengkapi fitur ANGi (Specialized) ANGi dapat berjalan dengan aplikasi Specialized Ride App (Specialized)

Helm Specialized Baru Miliki Fitur 'Minta Tolong'

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Enduro World Series | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Specialized | 29 November 2018

uploads/news/2018/11/helm-pintar-specialized-22369791b9fe6fc.jpg

Helm Pintar Specialized

helm-pintar-specialized-specialized--566050f306774d9
helm-pintar-specialized-specialized--430128b78d3ba72
SPORTKU.COM

Terjatuh atau mengalami crash mungkin sesuatu yang sering dialami oleh pesepeda road maupun MTB.

Sebelumnya, bila seseorang terjatuh maka orang yang bersangkutan bisa meminta tolong kepada rekan seperjalanan atau orang lain yang ada di sekitarnya. Masalah akan muncul bila kita mengalami kecelakaan tunggal di track atau di lokasi yang sepi. Alhasil, korban harus menunggu orang lain yang melintas.

Untuk menjawab kondisi tersebut, Specialized menciptakan aksesoris bersepeda yang berupa helm inovatif. Tidak seperti helm standar, helm ini dilengkapi fitur baru yang disebut ANGi (Angular and G-force indicator) yang mampu mengirimkan informasi kecelakaan secara otomatis ke kontak darurat rider yang bersangkutan. Informasi yang dikirim adalah titik koordinat GPS (lokasi kecelakaan) yang berupa teks.

Perangkat ANGi bersifat tahan air dan tahan debu, dan berisi giroskop dan akselerometer, yang memungkinkannya untuk mendeteksi benturan langsung terhadap kepala, saat terjadi gerakan rotasi pada kepala, yang berpotensi mengandung bahaya.

Baca juga:
8 TRANSFER PEBALAP PALING MENARIK UNTUK MUSIM 2019

Disebut-sebut sebagai pengembangan dari ICEdot, yang dikembangkan Specialized pada tahun 2017, teknologi ini dibawa oleh Chris Zenthoefer, pendiri perusahaan, untuk mengembangkan ANGi dan aplikasi 'Specialized Ride App' yang baru.

Untuk mengaktifkan ANGi, rider cukup mengangkat helm dan membuka aplikasi Specialized Ride App. Sebelumnya pastikan ponsel dan helm 'dipasangkan' melalui koneksi Bluetooth. Kemudian ketuk tombol di layar untuk memulai perjalanan.

Jika terjadi kecelakaan, penghitung waktu mundur akan muncul di ponsel dan alarm akan berbunyi. Jumlah waktu sebelum kontak diberitahukan, dapat diatur antara 15 dan 90 detik, dengan 30 detik sebagai seting 'default'.

Jika hitungan mundur itu tidak dibatalkan, pesan teks akan keluar untuk memberi tahu kontak darurat yang tersimpan di aplikasi, bahwa ada potensi kecelakaan, bersamaan dengan koordinat GPS pengendara.

Bagaimana jika crash terjadi di area yang tak terjangkau sinyal seluler? - kasus yang sangat mungkin terjadi di kalangan rider MTB.

Menurut Specialized, selama rider memiliki sinyal data yang aktif di awal perjalanan, ia dapat memasukkan durasi perjalanan yang diharapkan ke dalam aplikasi. Jika karena alasan tertentu, misalnya seseorang tidak finish dalam jangka waktu itu, maka teks akan dikirim ke kontak yang telah dibuat, yang mencakup lokasi terakhir yang diketahui.

ANGi sendiri berupa perangkat kecil yang akan menjadi fitur standar pada banyak helm Specialized pada tahun 2019. Fitur tersebut juga akan tersedia sebagai upgrade pada helm lain. Sensor ANGi ditenagai oleh baterai CR2032, yang diklaim mampu bertahan selama 6 bulan.

Rider yang memiliki helm yang telah dilengkapi fitur ANGi akan menikmati langganan gratis Specialized Ride App selama setahun dan selanjutnya melakukan pembaruan ke versi premium agar perangkat tersebut bisa berfungsi. Setelah habis, ada biaya tahunan sebesar US$29,99 (Rp420 ribu) untuk menikmati layanan tersebut.

Helm yang dilengkapi dengan sensor ANGi telah tersedia, termasuk helm MTB Ambush dan Dissident. Selain itu, semua helm Specialized 2019 lainnya memiliki titik pemasangan untuk memasang sensor ANGI yang dijual terpisah seharga US$50 (sekitar Rp700 ribu).

Baca juga:
MENANTI MASA DEPAN TIMNAS INDONESIA SETELAH PIALA AFF

ANGi dapat berjalan dengan aplikasi Specialized Ride App 

helm-pintar-specialized-specialized--430128b78d3ba72.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Enduro World Series | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Specialized | 29 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Geliat Komponen E-MTB

Geliat Komponen E-MTB

BUSINESS & TECHNOLOGY
Interbike Ditiadakan

Interbike Ditiadakan

BUSINESS & TECHNOLOGY
Ekspansi Cina di Industri Olahraga

Ekspansi Cina di Industri Olahraga

BUSINESS & TECHNOLOGY
Rodalink Buka Outlet Baru

Rodalink Buka Outlet Baru

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company