image

5 Tips Berlatih MTB Enduro

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Red Bull | 30 November 2018

SPORTKU.COM

Sebuah balapan enduro tidak akan selesai dalam waktu lima menit, tapi seringkali juga tidak lebih dari lima jam.

Oleh sebab itu, daya tahan tubuh adalah sebagai kuncinya. Berikut 5 tip dalam berlatih dari seorang pelatih MTB profesional Alan Milway.

1. Membangun daya tahan
Memiliki kemampuan bersepeda dalam jangka waktu yang lama adalah kebutuhan utama untuk mengikuti disiplin MTB enduro. Oleh karena itu diperlukan pula usaha untuk membangun kapasitas aerobik melalui latihan bersepeda yang panjang dan konstan.

Bersepeda di akhir pekan sangat baik untuk dilakukan. Tetapi untuk berhasil dalam perlombaan, seseorang harus menyelesaikan race dalam beberapa stage (etape). Jadi melatih kaki dengan menempuh jarak yang panjang menjadi poin yang penting.

2. Bersepeda di trek
Perangkat monitor detak jantung sangat berguna dalam melakukan latihan seperti ini. Sebab, Anda tidak perlu berlatih terlalu berat atau dengan intensitas tinggi.

Membangun 'mesin' Anda pada tingkat biokimia, melibatkan latihan aerobik dan keadaan yang mantap, dimana laktat menghalangi beberapa area tubuh yang ingin kita bentuk sehingga diperlukan untuk menjaga batas rev. Buatlah latihan ini menjadi menarik dan perluas daerah yang dijelajahi.

Untuk berlatih dengan durasi yang lebih dari dua jam atau bahkan mendekati empat jam, Anda perlu menjaga asupan makanan selama bersepeda dan untuk hal ini volume lebih penting daripada intensitas. Ingatkan rekan latihan Anda tentang hal ini sejak mereka mulai mendaki.

Baca juga:
TINGGALKAN UAE TEAM EMIRATES, BEN SWIFT KEMBALI KE TEAM SKY

3. Melatihan skill di turunan
Bila pada perlombaan downhill hanya fokus pada satu trek yang dilewati dengan kecepatan tertinggi, pada enduro sering kali memiliki enam stage yang harus dilalui dengan kecepatan penuh. Dengan demikian keterampilan menjadi kunci dalam race enduro. Jika Anda dibatasi oleh skill untuk satu stage saja, maka waktu keseluruhan Anda akan sangat buruk.

Skill dalam melalui lintasan menurun sering diabaikan oleh para rider. Mereka hanya sebatas bersepeda, tapi tidak mempelajari bagian trek tertentu dan berusaha mendapatkan jalur dan cara yang terbaik untuk melewatinya.

Memodifikasi cara di atas untuk peningkatan skill, sebagai hasil dari perjalanan, akan membuat perbedaan yang besar. Di sini, pelatih teknis dapat membantu banyak hal dan perlu juga untuk disiapkan.

Jika Anda baru dalam dunia sepeda gunung, manfaatkan sistem pemeringkatan lintasan untuk mengetahui bagian yang menantang atau sulit. Bila Anda merasa nyaman saat melintasi bagian yang teknis, cobalah beberapa kali dengan menambah kecepatan Anda.

Di pusat-pusat informasi jalur biasanya memiliki infromasi tentang grade atau tingkat kesulitan lintasan, dan infromasi tersebut memungkinkan untuk mengembangkan keterampilan Anda untuk bisa menjadi lebih baik.

4. Membangun kekuatan di Gym
Anda perlu melintasi area yang luas selama balapan Enduro dan stage tersebut dalam kondisi kecepatan penuh, dan sering kali, serupa dengan race downhill.

Memiliki kekuatan dan tenaga di bagian atas dan bawah tubuh akan sangat berkontribusi pada pencapaian waktu di stage, dan memaksimalkan kontrol Anda terhadap sepeda.

Meski Anda tidak ingin membuat rekor waktu, memiliki kekuatan untuk mendorong dan menarik tubuh bagian bawah melalui pengembangan kekuatan kaki, akan terlihat di sepeda. Namun berlatih di gym jelas bermanfaat dan harus menjadi bagian dari program latihan Anda.

Sebagai titik awal yang baik, disarankan untuk melakukan squat, lunge dan deadlift, untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah. Kemudian inverted rows, TRX rows dan chin ups secara berulang untuk menarik tubuh bagian atas. Gerakan Press ups, dips dan bench press, juga sangat bagus untuk tubuh bagian atas.

5. Perhatikan soal gizi
Untuk menjaga tingkat energi selama lebih dari dua jam, Anda perlu memiliki asupan makanan di sepanjang jalan. Karbohidrat adalah 'raja' di sini. Selain itu, memiliki camilan, minuman, dan gel adalah cara yang baik untuk menjaga energi dan kinerja tubuh.

Seringkali, hasil buruk dalam event yang berdurasi panjang disebabkan oleh minimnya asupan gizi seseorang pada hari itu. Jadi sadarlah akan hal ini. Simpanlah makanan di sepeda, dalam tas hidrasi dan di saku Anda, dengan berbagai macam makanan ringan berkarbohidrat.

Kafein juga dapat sangat membantu untuk mempertahankan performa dan fokus. Pemulihan akan dibantu dengan asupan protein yang bersamaan dengan karbohidrat.

Anda tidak perlu makanan camilan berkarbohidrat tinggi, sebab kue beras buatan sendiri, panekuk, selai kacang atau sandwich, akan membantu asupan selama race dan selama di lintasan yang panjang.

Baca juga:
FERNANDO ALONSO AWALI MUSIM 2019 DENGAN BALAPAN DAYTONA


Ilustrasi: Aksi pebalap enduro
galeri-foto-induro-wwbp-c67d71776b.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Red Bull | 30 November 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Tim Enduro Pabrikan Pole

Tim Enduro Pabrikan Pole

ENDURO
Rider Baru Tim Orbea

Rider Baru Tim Orbea

ENDURO
Jalur Lomba Urban Downhill Terpanjang

Jalur Lomba Urban Downhill Terpanjang

DOWNHILL
Aksi Tim Norco Factory Racing

Aksi Tim Norco Factory Racing

DOWNHILL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company