image Doni Tata (7) salah satu pebalap Indonesia yang pernah membalap penuh di Moto2 Aksi Dimas Ekky Pratama saat membalap di Moto2 Malaysia 2018 sebagai rider pengganti

Pebalap Indonesia Ditodong Rp6 Miliar Untuk Balapan MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 1 December 2018

uploads/news/2018/12/pebalap-indonesia-ditodong-rp6-302817ec727d4ea.jpg

Pebalap Indonesia Ditodong Rp6 Miliar

pebalap-indonesia-ditodong-rp6-3571065dd05dfd4
pebalap-indonesia-ditodong-rp6-7637284f7934780
SPORTKU.COM

Pebalap Indonesia sejatinya banyak dilirik oleh tim papan atas dari kawasan Eropa untuk event internasional.

Indonesia memiliki banyak potensi pebalap dengan skill mumpuni. Maka tak heran jika banyak tim-tim Eropa yang sejatinya juga kepincut dengan talenta pebalap Indonesia. Sayangnya, pebalap Indonesia masih terbentur soal finansial dan sponsor yang minim.

Ujung-ujungnya, pebalap Indonesia hanya bisa bermimpi untuk bisa naik ke kancah balap internasional sekelas MotoGP. Meski demikian, ada beberapa pebalap bernasib baik yang bisa menginjakkan kakinya di Kejuaraan Dunia Moto2, kelas menengah di bawah MotoGP.

Pebalap pertama Indonesia yang lolos ke Moto2 adalah Doni Tata Pradita. Tak hanya membalap sebagai wildcard maupun rider pengganti, namun Doni Tata balapan penuh alias full musim. Bahkan Doni Tata tampil selama dua musim di Moto2. Yaitu tahun 2008 (GP250) dengan Yamaha Indonesia Pertamina dan di 2013 bersama Federal Oil Gresini Moto2, tim balap yang bermarkas di Italia.

Selain Doni Tata, ada juga Rafid Topan Sucipto. QMMF Racing Team yang berbasis di Qatar tertarik memboyong Rafid Topan turun full musim di Moto2 2013. Rafid Topan bukan pebalap Indonesia terakhir yang berkompetisi di Moto2. Pasalnya, di musim balap 2019 mendatang ada penerusnya.

Hadir sebagai penerus Rafid Topan dan Doni Tata adalah Dimas Ekky Pratama. Pebalap kelahiran Depok, Jawa Barat itu juga akan membalap full musim di Moto2 2019. Di mana pebalap didikan Astra Honda Motor (AHM) ini membalap bersama Idemitsu Honda Team Asia.

Baca Juga
Valentino Rossi Tak Lagi Romantis dengan MotoGP

Finansial jadi kendala pebalap Indonesia
Bukan rahasia lagi jika balapan di ajang MotoGP memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk bisa tampil full musim, pebalap atau tim memang harus menyiapkan dana hingga miliaran rupiah. Hal ini pula yang menjadi kendala para pebalap Indonesia untuk bisa balapan di Moto2 maupun Moto3 -dua kelas di bawah MotoGP-.

Hal tersebut pernah diungkapkan oleh Rudi Wijaya, bos TJM Racing yang cukup dikenal publik Indonesia. Kepada SPORTKU.com, Rudi mengungkapkan jika sebenarnya memang banyak tim-tim luar negeri yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan pebalap Indonesia.

Rudi Wijaya juga merupakan tokoh penting di balik melenggangnya Rafid Topan sebagai pebalap wildcard Moto2 Malaysia 2018 di Sirkuit Sepang belum lama ini. Rudi Wijaya lah yang sukses melobi Giovanni Cuzari, Team Owner Forward Racing untuk menempatkan Rafid Topan di grid.

"Kalau untuk tawaran balapan satu musim penuh, sebenarnya ada saja. Setiap tahun ada -tawaran dan peluang-. Cuma harus bawa duit," ungkap Rudi kepada SPORTKU.com.

Untuk bisa membalap satu musim penuh di Moto3, menurut Rudi Wijaya harus disiapkan dana sekitar 400 ribu Euro atau setara dengan Rp6,6 miliar. Sedangkan untuk Moto2 memang jauh lebih murah dengan biaya hanya 250 ribu Euro atau Rp4,1 miliar. (1 EUR = 16,497 rupiah).

Sejauh ini, Rudi Wijaya telah menerima beberapa tawaran dari tim yang berbasis di Italia. Seperti dari Pablo Nieto, Team Manager SKY Racing Team VR46. SKY Racing Team VR46 bukanlah tim dengan kasta rendah. Di musim ini, tim yang juga dimiliki oleh pebalap MotoGP Valentino Rossi itu berhasil menyabet gelar Juara Dunia Moto2 2018 bersama Francesco Bagnaia. Francesco Bagnaia juga melanggang ke MotoGP untuk musim 2019 mendatang.

"Semua rata-rata tim yang memberikan penawaran ke saya markasnya di Eropa. Tim-tim Eropa lagi butuh uang juga. Kalau pebalap bisa berprestasi baru dibayar," tutup Rudi Wijaya.

Baca Juga
Statistik Prestasi Rossi vs Lorenzo di Ducati
Statistik Prestasi Doni Tata vs Rafid Topan di Moto2

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | 1 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Sirkuit Chang Thailand Picu Kontroversi

Sirkuit Chang Thailand Picu Kontroversi

DID U KNOW
Menentukan Ukuran Sepeda Yang Sesuai

Menentukan Ukuran Sepeda Yang Sesuai

DID U KNOW
Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

DID U KNOW
Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company